JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan Recent Update

Gili Kedis : Keindahan Alam yang Tersembunyi di Lombok Barat

Jurnalikanews-Setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok pasti menginginkan tempat wisata yang indah dan menawan. Salah satu destinasi wajib di pulau ini adalah pantai. Lombok terkenal dengan pantai–pantai nya yang indah dan menawan. Perpaduan putihnya butiran pasit dan birunya langit menjadi daya tersendiri bagi wisatawan lokal bahkan hingga mancanegara. Pilihan destinasi yang sering dikunjungi para wisatawan diantaranya Gili Trawangan, Gili Nemo, Gili Air, Pantai Kuta, dan Bukit Merese. Lokasi wisata yang juga tidak kalah menarik adalah pantai sepanjang jalan Lombok Barat yang dihiasi indahnya tebing–tebing dan bebatuan. Tidak sedikit wisatawan yang ingin merasakan indahnya pulau kecil yang belum ramai dikunjungi sebagai pilihan destinasinya, salah satunya Gili Kedis.gili kedis

Gili Kedis

(Sumber: discoveryourindonesia.com/south-gili-lombok-tour/)

 

Gili kedis terletak di kawasan Sekotong Lombok Barat, tepatnya diantara Gili Nanggu dan Gili Sudak. Gili ini memang tidak berpenghuni dan hanya terdapat beberapa bangunan kecil, itupun dipergunakan sebagai toilet umum. Tak sulit untuk mengunjungi tempat ini, hanya memerlukan waktu kurang lebih 15–25 menit untuk menyebrang dari Pantai Sekotong dengan menggunakan perahu mesin. Perahu mesin dapat disewa di sekitar Pantai Sekotong dengan biaya ± 300 ribu rupiah untuk 5–6 penumpang. Namun jika wisatawan dari Mataram kota, maka harus melewati beberapa kecamatan untuk menuju ke Pantai Sekotong. Biasanya dari Mataram dibutuhkan waktu kurang lebih 45-60 menit, tergantung situasi kepadatan jalan raya. Pengunjung hanya dipungut biaya tiket kebersihan sebesar 5 ribu rupiah untuk memasuki atau mengunjungi gili ini dan sudah dapat menikmati keindahan gili sepuasnya.

Gili Kedis dikelilingi oleh pantai yang memiliki pasir bewarna putih, sama seperti pantai–pantai di Pulau Lombok lainnya. Istimewanya, gili ini juga dikelilingi bebatuan karang yang sangat indah dan dihiasi hijaunya tumbuhan laut. Bebatuan tersebut membentuk hamparan yang cukup luas mengelilingi Gili Kedis. Di hamparan bebatuan yang di tumbuhin tanaman laut, pengunjung dapat melihat indahnya berbagai macam jenis Bintang Laut dan Bulu Babi. Tanpa alat penyelam (Snorkeling), pengunjung sudah dapat melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut. Namun, tidak jarang pula, warga sekitar Pantai Sekotong sengaja menyewakan alat snorkeling untuk melihat keindahan alam bawah laut secara langsung dan merasakan keseruan kehidupan dibawah laut, ikan–ikan yang sedang berenang di bibir pantai, serta melihat binatang laut lainnya dengan lebih dekat.

gili kedis 2

Bermain bersama Bintang Laut

(Sumber: Andreas Choco)

Tak kalah menariknya dengan gili–gili yang lain, Gili Kedis juga memiliki pesona untuk melihat momen sunset (matahari tenggelam) secara langsung. Suasananya masih nyaman dan alami, cocok sebagai tempat melepas penat. Atmosfirnya yang tenang, jauh dari lalu lalang dan kebisingan transportasi pun, menjadikan gili ini sebagai tempat destinasi wisata di Pulau Lombok yang tepat untuk bercengkrama dan menghabiskan waktu bersama dengan teman, sahabat, dan keluarga.
 

(Andre Pras Setya_ Institut Pertanian Bogor_Wisata Alam)