JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Eksternal Recent Update

Festival Komsos 2017, Festival Peringati Hari Jadi Komsos ke-51

IMG_20171001_153915      Jurnalikanews– Gereja Katedral Bogor, Jawa Barat, menggelar Festkom 2017, yaitu sebuah festival yang memeringati hari Komunikasi Sosial (Komsos) se-dunia ke-51 sekaligus memeringati hari ulang tahun majalah Berita Umat ke-50 yang acara puncaknya diadakan di Sekolah Budi Mulya, bertempat di jalan Muslihat, Kota Bogor pada hari Minggu, 1 Oktober 2017. Sebelum acara puncak ini, Festkom mengadakan berbagai kegiatan pra-event berupa lomba dalam beberapa kategori, diantaranya film pendek, cerpen, fotografi, dan buletin. Pra-event ini terbuka untuk umum dan diselenggarakan mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus, dengan pengumuman pemenang yang diumumkan pada acara puncaknya.

          Festkom ini merupakan agenda tiga tahunan yang rutin dilaksanakan oleh pihak gereja. Untuk tema pada perayaan Festkom tahun ini yaitu “Berakar dalam persatuan, bertumbuh ditengah Keberagaman”. Acara ini melibatkan kaum muda lintas iman peduli keberagaman serta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bogor. Untuk perayaan yang ke-51 tahun ini, peserta perlombaan yang diikuti tidak hanya dari Bogor saja, namun dari luar Bogor juga. Masyarakat sekitar juga bisa hadir menyaksikan acara, termasuk mengikuti bakti social, pengobatan gratis, serta menikmati bazar yang juga ikut menyemarakkan acara ini.

       Acara puncak Festkom yang dilaksanakan di hari Minggu, berupa Talkshow Jurnalistik yang menghadirkan dua tokoh pembicara, seniman dan budayawan, yakni Butet Kartaredjasa dan Arswendo Atmowiloto. Selain talkshow, pada hari tersebut juga diadakan lomba mewarnai, pentas seni, dan berbagai pameran mulai fotografi, bulletin, serta cerpen. Tak ketinggalan seni Barongsai dan Marawis juga turut ditampilkan di festival ini.

          Diharapkan dengan dilaksanakannya Festival Komsos ini bisa semakin meningkatkan nilai saling menghargai dan tenggang rasa dalam menyikapi keberagaman ras, suku, maupun agama, demi terciptanya keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI. (NYO/FUL/IFD)

Sumber:
kotabogor.go.id/peringatan-hari-komsos-ke-51
m.antaranews.com/gereja-katedral-bogor-gelar-festival

katolikindonesia.org/?p=12049