JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update Saduran

Waspada Air Galon Palsu

Pemalsuan Galon
Sumber : tangerangnews.com/nasional/read/11682/Segel-Tutup-Air-Kemasan-dari-Pemulung m.liputan6.com/news/read/2042099/awas-air-mineral-kemasan-galon-palsu-kembali-beredar

       Jurnalikanews – Air merupakan kebutuhan primer bagi setiap makhluk hidup. Tetapi, akhir-akhir ini terbongkar adanya pemalsuan air galon di beberapa wilayah Jabodetabek, antara lain di Tangerang Selatan dan Depok. Pemalsuan ini diketahui berawal dari informasi dan pengaduan warga, aparat kepolisian kemudian melakukan penyelidikan, dan diketahui bahwa sudah selama satu tahun komplotan ini mengoplos air mineral produksi Aqua dengan air tanah.

Agar kita selalu waspada dan tidak salah dalam memilih air minum, berikut ini beberapa ciri air galon palsu yang perlu kita ketahui :

  1. Warna

Air mineral asli berwarna bening, apabila warna air keruh maka wajib diwaspadai. Selain keruh air mineral palsu juga kadang berbusa.

  1. Bau

Air mineral asli tidak berbau atau tidak mengeluarkan aroma. Apabila terdapat bau atau aroma yang tidak biasa, bisa jadi air sudah terkontaminasi.

  1. Rasa

Air mineral asli tidak memberikan rasa kesat pada pada rongga mulut. Apabila terasa kesat dan di langit-langit mulut terasa seperti ada debu yang menempel maka harus diwaspadai.

  1. Kemasan

Air galon asli tutupnya berwarna kombinasi biru dan putih, pada bagian permukaan tutup Aqua galon terdapat tulisan berlogo Danone Aqua dan lambang Aqua Quality Commitment (AQC). Selain itu juga terdapat kode produksi di tutup galon yang sama kodenya dengan di leher galon. Pada bagian samping tutup galon terdapat bentuk droplet air dan pada badan galon di lekukan ketiga terdapat kode BB yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Pastikan cetakan tanggal kadaluwarsa terbaca jelas.

phpThumb

Untuk mencegah dan mengantisipasinya, kita sebagai konsumen harus lebih teliti dalam membeli air minum mineral. Selain itu, untuk mencegah terjadinya praktik pemalsuan air galon oleh oknum-oknum tertentu dapat dengan merusak tutup galon setelah dibuka agar tidak dapat digunakan lagi. (dr)

 
 
 
Sumber berita :
http://megapolitan.kompas.com/read/2017/08/24/08590791/tips-hindari-aqua-galon-palsu

http://m.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/16/06/07/o8eod2280-waspada-air-mineral-palsu-diduga-beredar-di-depok-part1