JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update

IPK Tinggi Dambaan Seluruh Mahasiswa

unnamed
Image source : boymin13687.files.wordpress.com

     Jurnalikanews- Semua mahasiswa pasti mendambakan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi atau meraih predikat cumlaude. Tak jarang mahasiswa berjuang mati-matian agar terhindar dari nilai rantai karbon alias C. Bagaimana tidak, perusahaan-perusahaan besar seringkali menjadikan nilai IPK sebagai prasyarat utama untuk melamar pekerjaan sebagai pegawai mereka. Betapa bangganya orang tua ketika wisuda nanti melihat anaknya sebagai mahasiswa dengan prestasi nilai cumlaude. Untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi di kampus, tidak hanya mengandalkan kepintaran saja namun juga membutuhkan kerja keras. IPK tinggi menandakan bahwa mahasiswa tersebut memiliki kapabilitas yang cukup mumpuni karena dari yang kita ketahui bahwa pemberian nilai oleh dosen tidak hanya berdasarkan kemampuan intelektual tetapi juga mencakup kemampuan sosial dan cara bersikap terhadap orang lain. Bagaimana cara mendapat IPK tinggi? Berikut ulasannya.

  • Menulis target IPK setiap semester

Menulis target IPK di tempat-tempat yang sering dilihat, misalnya ditempel di dinding kamar, dijadikan wallpaper di handphone, dan lain lain. Hal ini bertujuan sebagai pengingat bahwa kamu memiliki target yang harus diraih serta sebagai pemacu semangat untuk terus belajar agar nantinya target tersebut bisa tercapai dan bahkan bisa melampauinya.

  • Rajin belajar

Mungkin diantara kamu sudah sangat bosan melihat tips yang satu ini. Meskipun begitu, tips ini sangat ampuh dan relevan sampai kapanpun. Usaha apapun yang akan kamu lakukan demi mendapatkan IPK tinggi akan sia-sia jika kamu malas belajar. Bukan hanya sekedar rajin belajar, tetapi kamu juga harus tahu tekhnik belajar, salah satunya yaitu tidak boleh SKS alias Sistem Kebut Semalam, karena jika menerapkan sistem tersebut hasilnya tentu saja tidak akan maksimal. Belajar harus dilakukan secara terus menerus.

  • Perbanyak kerjakan soal-soal atau latihan

Dengan berlatih mengerjakan soal-soal, secara tidak langsung itu akan membiasakan kamu untuk memahami dan menguasai materi kuliah dengan lebih mantap. Kamu bisa meminjam soal-soal tahun sebelumnya kepada kaka tingkat atau mencari referensi soal di perpustakaan.

  • Aktif di kelas

Aktif di kelas bisa berupa aktif bertanya ketika dosen memberikan kesempatan bertanya. Beranikan bertanya kepada dosen ketika sesi tanya jawab, kamu bisa menanyakan mengenai materi yang baru saja disampaikan oleh dosen bila dirasa ada yang belum jelas. Aktif dikelas juga berarti kamu harus banyak berpartisipasi dalam sesi presentasi. Tugas persentasi ini adalah tugas kelompok sehingga yang maju didepan kelas adalah lebih dari satu orang. Sempatkan bertanya kepada kelompok yang sedang presentasi. Dosen biasanya akan memberikan nilai lebih untuk mahasiswa yang aktif dikelas.

  • Kurangi bermain game, instagram, dan jejaring sosial lainnya

Bermain game, instagram, dan jejaring sosial lainnya memang menyenangkan. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain itu semua. Tetapi dibalik rasa menyenangkan tersebut banyak sekali bahaya yang ditimbulkan, yaitu tugas-tugas kuliah menjadi tidak terselesaikan dan juga dapat mengurangi waktu belajar. Bermain itu semua boleh, asalkan tidak mengabaikan tugas-tugas dan kewajiban kamu sebagai seorang pelajar.

  • Berdoa

Setelah kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan IPK tinggi jangan lupa akhiri dengan doa. Jika kamu seorang muslim, laksanakan sholat lima waktu dan sempatkan bangun malam untuk melaksanakan sholat tahajud. Karena usaha tanpa doa itu sombong dan doa tanpa usaha itu bohong.

       Nah, itu dia beberapa cara untuk mendapatkan IPK tinggi yang bisa kalian tiru. Disiplin, usaha, dan berdoa lah kuncinya. Semoga artikel ini bisa menjadi pemacu untuk terus berusaha mengejar apa yang di cita-citakan. Karena kesuksesan adalah hak semua orang. (irn)