JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

4 Tipe Mahasiswa Berdasarkan Waktu Keberangkatan

22710413563_030bd16209

Jurnalikanews-Waktu adalah uang, mungkin beberapa orang mempunyai prinsip seperti itu. Juga sering ada pepatah “hargailah waktu, karena waktu tak bisa diulang”. Lalu bagaimana dengan kita sebagai mahasiswa yang selalu berpacu dengan waktu?. Mahasiswa harus bisa mengatur waktunya dengan baik, karena waktu sangat berpengaruh terhadap kinerja mahasiswa. Mulai dari mengatur waktu tidur, waktu belajar, waktu berorganisasi dan lainnya. Hal tersebut diperlukan agar kita memiliki timeline, dengan timeline tersebut kita mempunyai suatu acuan dalam mengorganisir hal-hal kedepannya. Berbicara masalah waktu, kita dapat temui beberapa tipe mahasiswa berdasarkan waktu keberangkatannya. Apakah kamu termasuk tipe yang akan kita bahas kali ini? Berikut ulasannya.

  1. Tipe Terlampau Rajin

Mahasiswa dengan tipe seperti ini adalah salah satu contoh mahasiswa yang sangat menghargai waktu. Biasanya mahasiswa ini datang sesaat setelah gerbang kampus dibuka. Banyak alasan yang mendasarinya, mulai dari keperluan organisasi, belum mengerjakan tugas, ataupun sudah menjadi kebiasaannya saat masa SMA yang belum hilang. Terkadang ada juga mahasiswa yang datang sebelum gerbang kampus dibuka. Itu menandakan bahwa meraka sangat menjunjung tinggi waktu, bahkan saat civitas akademik lainnya, seperti office boy dan satpam, belum datang mereka sudah datang.

  1. Tipe Mahasiswa Rasa Dosen

Bergerak cepat ketika dibutuhkan menjadi kebiasaan beberapa mahasiswa dalam menjalankan kesehariannya. Begitupula saat ia berangkat ke kampus. Saat waktu masuk tinggal 5-10 menit lagi, mereka mulai bergerak cepat dalam menghadapi sisa waktu yang ada. Kemudian entah bagaimana caranya meraka bisa datang beberapa menit atau beberapa detik sebelum dosen hadir. Sehingga terkadang kita tahu waktu kedatangan dosen hanya dengan berpacu pada mahasiswa tersebut. Bahkan mahasiswa tipe seperti ini terkadang masuk bersamaan dengan dosen.

  1. Tipe Mahasiswa Pada Umumnya

Namanya juga mahasiswa pada umumnya, tak ada yang spesial pada waktu keberangkatannya. Mereka memang mahasiswa pada umumnya, berangkat tidak terlalu siang ataupun pagi, juga datang 10-15 menit sebelum waktu perkuliahan berlangsung. Tipe ini lebih baik dalam mengorganisir waktu dibanding tipe lainnya, karena dia dapat mempertimbangkan segala resiko yang ada. Terlepas dari hal tersebut, dengan waktu 10-15 menit kita juga bisa berelaksasi sebelum pelajaran  dimulai dan membuat pikiran kita menjadi lebih segar. Tipe ini juga yang bisa kita sebut sebagai tipe rajin sesungguhnya.

  1. Tipe Mahasiswa Taat Pada Kontrak

Kontrak kuliah adalah suatu aturan yang disepakati oleh mahasiswa dan dosen terkait yang berkaitan dengan mekanisme mata kuliah, aturan kedatangan, nilai, dan lainnya. Biasanya dosen memberikan waktu toleransi keterlambatan maksimal 15 menit kepada mahasiswa. Sering kita temui beberapa mahasiswa yang taat pada kontrak tersebut. Mereka sangat peduli dengan kontrak kuliah yang ada. Mereka datang pada waktu toleransi yang diberikan. Mahasiswa seperti ini seringkali melakukan tawar-menawar pada saat pembahsan kontrak perkuliahan. Terlepas dari semua itu, pasti ada alasan kenapa dia bisa telat, bukan semata-mata melakukannya.

Itulah beberapa contoh tipe mahasiswa berdasarkan waktu keberangkatan. Apakah kamu termasuk salah satu dari tipe yang di atas?. Masih banyak lagi tipe-tipe lainnya yang mungkin sering kita temui. Bagaimana cara kita berangkat bisa menjadi cerminan bagaimana kita dalam mengatur waktu. Hal-hal seperti keterlambat sebaiknya dihindari, dan manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin. (rfm)

Image source : http://www.akuinginsukses.com/66-kutipan-manajemen-waktu-terbaik/