JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews- Pada hari Minggu, 27 November 2022 telah berlangsung kegiatan AKA Islamic Fair (AIF) yang diselenggarakan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa di Politeknik AKA Bogor yaitu LDK-KMA. AKA Islamic Fair sendiri merupakan event islami terbesar yang ada di Politeknik AKA Bogor dan pada tahun ini mengusung tema “The Story Of Live” yang mana rangkaian kegiatan ini telah berlangsung selama hampir satu pekan dimulai dari tanggal 20 November 2022 yang diisi dengan perlombaan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), kemudian dilanjut pada tanggal 26 November 2022 yang diisi dengan perlombaan dari tingkat mahasiswa dan yang terakhir di penghujung dari rangkaian kegiatan AIF yaitu pada hari ini yang dimeriahkan dengan seminar keislaman bersama Team Yuk Ngaji yang terdiri dari Ust. Husain Assadi, Ust. Cahyo Ahmad Irsyad, dan Ust. Rommyarb. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.30-14.00 WIB dan agenda hari ini tak hanya seminar keislaman saja, namun ada beberapa rangkaian acara lainnya seperti:

  1. Santunan BSO PPBY (Badan Semi Otonom Pelaksana Program Beasiswa Yatim-Dhuafa)
  2. Penampilan Nasyid El Gazza Voice
  3. Persembahan Lagu dari Team Yuk Ngaji
  4. Pengumuman Pemenang lomba

Tujuan dari diadakannya kegiatan AKA Islamic Fair (AIF) adalah sebagai wadah untuk menunjukkan potensi dan bakat dari adik-adik serta rekan-rekan mahasiswa. AIF tahun ini dibuka untuk umum sehingga masyarakat sekitar, mahasiswa kampus lain, dan adik-adik dari panti asuhan dapat ikut serta. Perlombaan dalam kegiatan ini terdapat empat kategori yaitu, kategori pertama dari tingkat Sekolah Dasar kelas 1-3 terdapat lomba azan, hafalan surat pendek, serta mewarnai kaligrafi. Kategori kedua dari Sekolah Dasar kelas 4-6 terdapat lomba tilawah, pildacil (Pemilihan Dai Cilik), dan azan. Kategori ketiga dari tingkat SMP terdapat lomba nasyid dan kaligrafi. Kategori keempat dari tingkat mahasiswa terdapat lomba MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an), MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an), Khitobah, dan kaligrafi yang mana peserta lomba tidak hanya dari mahasiswa Politeknik AKA Bogor saja namun terdapat peserta dari Universitas Pakuan serta IPB.  Menurut ketua pelaksana dari AIF yaitu Rifqi Farihan Azis, antusisme para peserta yang hadir pada kegiatan ini sangat baik dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan serta tidak ada kendala selama acara ini berlangsung. AIF sendiri merupakan agenda tahunan dari LDK-KMA sehingga setiap tahunnya akan diadakan, apabila tidak ada halangan seperti tahun ini, dilaksanakan secara offline namun di tahun sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan secara online karena adanya wabah COVID-19.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kesan dari salah satu peserta yang hadir pada kegiatan hari ini yaitu saudari Sri Wulan Yunita, menurutnya acara hari ini sangat menyenangkan dan dapat menambah ilmu baru serta terkesan dengan cara penyampaian kajian karena diselingi dengan komedi yang membuat para peserta yang mendengarkan tidak jenuh, serta untuk saran dari kegiatan ini sudah cukup baik namun dalam mempublikasikannya bisa lebih diaktifkan lagi agar peserta yang hadir lebih banyak. (DL/KT)