JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Rekapitulasi Perolehan Suara Pasangan Calon Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa IMAKA Periode 2022/2023

Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews – Badan Pekerja Pemilihan Presiden Mahasiwa (BP Pilpresma) mengadakan acara rekapitulasi perhitungan suara yang diraih oleh paslon pada Minggu (09/01/2021) pukul 20.30 WIB setelah sebelumnya telah dilaksanakan E-Voting yang diadakan pada hari yang sama pada pukul 07.00 WIB. Acara ini dilaksanakan secara dalam jaringan melalui aplikasi Zoom dan dihadiri lebih dari 150 partisipan.

Acara ini dimulai dengan beberapa kegiatan seperti tanya kabar dari masing-masing perwakilan, pembacaan tilawah, pelantunan lagu Indonesia Raya hingga sambutan. Setelahnya para hadirin diminta menunggu sesaat karena acara pembukaan tersebut selesai sebelum jam penutupan E-Voting  yaitu pada pukul 21.00 WIB. Menariknya, acara ini dilakukan diatas jam 21.00 WIB yang berarti dilaksanakan melewati jam malam yang selama ini selalu ditepati oleh pihak BP Pilpresma itu sendiri. Menurut Azka Hamam Baihaqi selaku Koordinator Umum BP Pilpresma, hal ini didasarkan atas pertimbangan waktu penutupan E-voting itu sendiri yakni pukul 21.00 WIB sesuai dengan kesepakatan panitia. E-Voting ditutup pada pukul 21.00 WIB dengan alasan mempertimbangkan beberapa hal salah satunya mempertimbangkan kondisi mahasiswa tingkat 3 yang sedang magang. Atas hal-hal yang menjadi pertimbangan tersebut, maka tidak mungkin dilaksanakan sebelum pukul 21.00 WIB. Sehingga mereka mengadakan acara rekapitulasi ini melewati jam malam dan memaksimalkan acara sehingga kegiatan tidak lebih dari 21.30 WIB agar tidak terlalu malam.

Data mengenai status registrasi hingga hasil voting mulai dibacakan pada pukul 21.00 WIB oleh Koordinator Umum BP Pilpresma yaitu Azka Hamam Baihaqi. Tercatat sebanyak  1184 Daftar Pemilih Tetap, di mana sebanyak 1043 mahasiswa (88.09%) telah mengaktivasi akunnya. Sedangkan jumlah mahasiswa yang mengikuti E-Voting adalah sebanyak 973 mahasiswa. Untuk perolehan suara sendiri, paslon 01 yaitu Rizky Nuria Sury Altar – Muhammad Akmal Ramadhon memperoleh 309 suara dari zona 1, 236 suara dari zona 2 dan zona 3 sebanyak 114 suara atau secara keseluruhan sebanyak 659 suara. Sedangkan ‘kotak kosong’ sendiri memperoleh 128 suara dari zona 1, 110 suara dari zona 2 dan 76 suara dari zona 3 atau secara keseluruhan memperoleh sebanyak 311 suara.

Berdasarkan dari data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kotak kosong kalah suara, namun  paslon 01 tidak memperoleh 2/3 suara dari jumlah DPT. Untuk itu, maka pihak BP Pilpresma akan menjadwalkan Forum Mahasiswa untuk diskusi mengenai kelanjutan PEMIRA ini. BP Pilpresma bisa pastikan tidak ada kecurangan dalam PEMIRA ini karena website yang digunakan memang dirancang agar semua data tidak bisa dimanipulasi siapapun. Acara pun berjalan sesuai dengan peraturan dan ketentuan PEMIRA yang ada dari tahun ke tahun. (AA)