JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Virgin Coconut Oil bisa Menjadi Peluang Usaha, Yakin?

Jurnalikanews – Di kehidupan masyarakat, virgin coconut oil sudah tidak asing keberadaannya. Masyarakat membuat serta memanfaatkannya di kehidupan sehari-hari. Tanaman kelapa di Indonesia merupakan salah satu tanaman yang sangat berguna dalam kehidupan ekonomi pedesaan. Karena semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu bagian kelapa yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan adalah daging buah kelapa yang diambil santannya untuk dijadikan minyak kelapa murni.

Sumber: merdeka.com

Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni mengandung asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dioksidasi oleh tubuh sehingga mencegah penimbunan di dalam tubuh. Di samping itu, ternyata kandungan antioksidan di dalam VCO pun sangat tinggi seperti tokoferol dan betakaroten. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah penuaan dini.

Keberadaan pohon kelapa di kehidupan masyarakat sangat mudah untuk ditemukan, selain untuk mencegah penuaan dini, minyak kelapa mempunyai manfaat lainnya yang pastinya sangat berguna bagi kesehatan. Salah satu manfaat minyak kelapa untuk kesehatan ialah menjaga kesehatan jantung. Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari minyak kelapa, sehingga masyarakat memanfaatkan peluang ini sebagai sumber penghasilan. Banyak sekali cara untuk memperoleh minyak kelapa yang bisa dilakukan di rumah, yaitu dengan cara fermentasi dan inkubasi selama 24 jam. Untuk membuat minyak kelapa bagi kesehatan dengan cara fermentasi ini, meskipun terbilang cukup lama namun biaya yang dibutuhkan relatif murah karena hanya menggunakan tiga bahan saja, yaitu kelapa parut, air, dan ragi roti.

Untuk cara pembuatannya yaitu diambil perasan kental dari santan hasil kelapa parut tadi yang dicampurkan dengan air dan didiamkan selama dua jam sehingga terbentuk dua lapisan. Lapisan kental yang diperoleh kemudian ditambahkan ragi roti dan di inkubasi selama 24 jam hingga terbentuk tiga lapisan. Setelah 24 jam inkubasi, minyak akan terbentuk dan pisahkan minyak tersebut sehingga diperoleh minyak kelapa. (MS)