JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Ikan Cupang Menjadi Hiburan di Masa Pandemi

Jurnalikanews – Pandemi Covid-19 membuat mobilitas masyarakat menjadi terbatasi, akibat dari mobilitas dibatasi membuat ruang gerak dan aktivitas masyarakat Indonesia menurun karena diwajibkan untuk tinggal di rumah saja.Alhasil masyarakat Indonesia mempunyai banyak waktu luang di rumah dan perlu menghindari kepenatan dengan mencari hiburan baru.

Mencari hiburan di kala pandemi memang sangat dibutuhkan, karena saat masyarakat diwajibkan untuk tinggal di rumah saja, tentunya akan menimbulkan rasa bosan. Alhasil masyarakat mencari hiburan yang bisa dilakukan di rumah saja. Memelihara hewan bisa mengisi waktu luang ketika di rumah saja dan saat ini banyak orang yang memelihara ikan cupang, selain menjadi hewan peliharaan, ikan cupang juga bisa menjadi hiburan, karena sedap dipandang mata.

Fungsi ikan cupang akhir-akhir ini menjadi dominan dianggap sebagai ikan hias, yang sebelumnya ikan cupang dikenal sebagai ikan aduan. Banyaknya jenis dan beragamnya warna, menjadikan ikan cupang banyak diminati dan permintaan di masa pandemi pun melonjak drastis, dari yang sebelumnya penjualan ikan cupang relatif stabil. Pemeliharaannya pun terbilang mudah sehingga banyak diminati oleh berbagai kalangan. Selain menjadi hiburan, ikan cupang juga bisa menjadi peluang bisnis baru karena mudah dikembangbiakkan. Sehingga pada saat pandemi, ikan cupang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, hiburan, dan bisnis. (MRM)

Sumber referensi: https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/10/10184021/ikan-cupang-si-primadona-di-masa-pandemi?page=all