Dibalik Pengorbanan dan Ketaatan, Tersimpan Cinta yang Mendalam


Sumber: Dokumentasi pribadi

Jurnalikanews- Telah berlangsung kajian rutin yang diselenggarakan oleh DKMA pada tanggal 16 Juli 2021 bersama dengan Ust. Rajab Abu Azzam. Tema yang diangkat pada kajian ini sekaligus merupakan pengingat kepada kaum muslim, yakni cinta, ketaatan, dan pengorbanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Tema ini dipilih sebab telah mendekati hari Raya Iduladha yang memberikan makna penting bagi setiap umat Islam.

Kajian ini diselenggarakan melalui platform Zoom yang dimulai pukul 19.45 hingga pukul 20.45 WIB, serta dihadiri oleh 29 participants. “Tujuan kajian ini yaitu agar kita mengetahui makna hari Raya Iduladha dan bisa mengambil pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” ujar Elsa.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan sangat baik dari mukaddimah, diikuti tilawatil qur’an, hingga acara inti dari kajian ini yang berisi kisah kedua nabi tersebut.

“Dalam Al Quran surat As Saffat ayat 102, Allah SWT memberi perintah kepada Nabi Ibrahim melalui mimpinya untuk menyembelih anaknya (Nabi Ismail). Anaknya pun menyanggupi permohonan tersebut (untuk disembelih). Kemudian, Allah SWT menggantikan anak Nabi Ibrahim dengan sembelihan yang dipercaya sebagai seekor domba,” ucap Ust. Rajab Abu Azzam.

Terkadang sulit sekali dalam menentukan suatu pilihan, bahkan untuk seorang Nabi Ibrahim yang di satu sisi, Ia amat mencintai putranya Ismail dan di sisi lain, Ia mesti menuruti perintah dari Allah SWT tetapi dengan izin Allah SWT, mereka dapat berkumpul kembali dan termasuk ke dalam golongan orang yang bertakwa. Dari kisah ini kita dapat mengambil inti dari kajian tersebut, yaitu hikmah pelajaran yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Dokumentasi pribadi

Kajian yang berlangsung malam hari ini pun memiliki kesulitan untuk menyukseskannya. “…tetapi dengan komunikasi yang baik bisa terlewati,” jawab Elsa. Mengingat kajian ini bersifat online, maka sangat diperlukan komunikasi yang baik supaya tidak mengalami miss komunikasi. (MAN/US)

Tinggalkan Balasan