Tur Virtual, Tren Terbaru Berlibur Saat Pandemi


Sumber: https://images.app.goo.gl/fyFXfmtWWYytWJoQA

Jurnalikanews – Di masa pandemi seperti ini, kita sering kali kita merasa jenuh atau bosan. Rasa ingin berlibur pun sangat tinggi, namun kita dianjurkan untuk tetap di rumah saja bila tidak ada keperluan yang mendesak. Ada beberapa cara untuk memenuhi hasrat ingin berlibur ini. Salah satunya dengan tur virtual, kegiatan tur virtual sedang menjadi tren di kalangan penikmat wisata petualangan saat pandemi seperti sekarang ini. Tak perlu harus repot memesan tiket transportasi dan akomodasi penginapan, para penikmat wisata petualangan cukup bermodalkan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet serta mengunduh aplikasi Zoom. Tur virtual ini ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Ada pula penyedia tur yang membuat konten menggunakan aplikasi dan alat virtual reality, seperti Ascape yang populer di YouTube. Berikut adalah daftar tur virtual menarik yang wajib kamu coba.

  • Iheritage.id

Situs ini berisi katalog museum, budaya, dan alam dalam bentuk audio-visual dan tur virtual. Pengunjung tinggal mengakses situs Iheritage.id dan memilih museum yang hendak didatangi secara virtual. Beberapa museum yang bisa dijelajahi menggunakan foto 360 derajat interaktif antara lain:

  1. Museum Nasional RI
  2. Museum Kepresidenan RI
  3. Museum Konferensi Asia-Afrika
  4. Museum Maritim Indonesia
  5. Museum Sri Baduga
  6. Kasepuhan Cirebon
  7. Museum Bank Indonesia
  • Kebun Raya Bogor

Tur virtual Kebun Raya Bogor disediakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai pengelola Kebun Raya. Tur ini tersedia sejak Oktober tahun lalu di situs Vtkrb.pddi.lipi.go.id dalam bentuk audio-visual dan foto 360 derajat interaktif. Foto juga dilengkapi dengan tombol informasi yang jika diklik akan menampilkan data dan informasi menarik perihal lokasi yang dilihat pengunjung.

  • JKT Good Guide

Tur virtual terjadwal dan berbayar ini diinisiasi komunitas wisata JKT Good Guide. Peserta diajak berkeliling ke lokasi-lokasi seperti Kota Tua Jakarta, Monas, hingga sejumlah toko kopi populer di Ibu Kota. Tur dilakukan menggunakan aplikasi Google Street, dilengkapi dengan pemandu yang akan memberi penjelasan kepada peserta melalui aplikasi Zoom. Jadwal dan cara mengikuti tur bisa dilihat di [email protected]

  • Taman Impian Jaya Ancol

Menggunakan aplikasi live streaming di aplikasi Instagram, pengelola kawasan Taman Impian Jaya Ancol mengadakan tur virtual dalam bentuk video. Pengunjung diajak berjalan-jalan di sejumlah lokasi rekreasi di Ancol, seperti Pantai Ancol dan Ocean Dream Samudra. Video juga dilengkapi dengan penjelasan oleh pemandu. Tur ini tak dilakukan setiap hari. Untuk mengetahui jadwalnya, pengunjung dapat mengakses akun Instagram @ancoltamanimpian.

  • KA Wisata

Anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia, PT Kereta Api Pariwisata, juga mengadakan tur virtual ke sejumlah objek wisata di beberapa kota. KA Wisata sudah menggelar dua kali tur terjadwal dan berbayar ini, dengan lokasi di Gedung Lawang Sewu Semarang dan di Yogyakarta. Biaya yang dibayar peserta akan didonasikan sebagian untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi. Tur diselenggarakan menggunakan aplikasi Zoom dengan peserta terbatas. Informasi untuk mengikuti tur dapat dilihat di Instagram @kawisata.

  • 3-Minute Tour, Tokyo

Sebelum masa pandemi, Tokyo adalah salah satu destinasi internasional terpopuler bagi warga Indonesia. Anda yang rindu berkunjung ke ibu kota Jepang itu dengan mudah dapat berkeliling Tokyo sambil duduk di rumah. Tak hanya berkeliling kota, pengunjung dapat merasakan atmosfer sehari-hari di Tokyo lengkap dengan aktivitas warganya. Tur virtual ini disediakan oleh lembaga pariwisata resmi pemerintah Jepang dalam bentuk video yang diunggah di kanal YouTube Visit Japan. Tur akan lebih maksimal dinikmati menggunakan perangkat atau kacamata khusus virtual. (AA)

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1350012/daftar-destinasi-wisata-virtual-dan-apa-saja-fiturnyaa

Tinggalkan Balasan