Webinar Penelitian: Pentingnya Penelitian bagi Mahasiswa sabagai Bentuk Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews – Komunitas Eksperimen Kimia (EKSKIM) Politeknik AKA Bogor menggelar acara Webinar Penelitian. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal  27 Juni 2021 pada pukul 08.00 WIB sampai pada pukul 11.00 WIB. Meski acara ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom, namun acara ini tetap berjalan lancar dan materi bisa tersampaikan dengan baik.

Acara Webinar Penelitian ini membahas mengenai “Pentingnya Penelitian bagi Mahasiswa sabagai Bentuk Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Sesuai tema yang diangkat, webinar ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa agar memiliki rasa ketertarikan terhadap kegiatan penelitian, dan harapannya acara ini dapat menambah semangat para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mewakili kampus Politeknik AKA Bogor.

Susunan acara webinar ini yaitu diawali dengan pembukaan, tilawah, sambutan dari Ketua Pelaksana, Sekretaris Jendral Komunitas Eksperimen Kimia (EKSKIM) Politeknik AKA Bogor, dan Presiden Mahasiswa, pembacaan CV dari moderator dan pemateri, materi, tanya jawab, kuis, dan diakhiri dengan penutupan.

“Tri Dharma Perguruan Tinggi, berarti kewajiban Perguruan Tinggi untuk mengimplementasikan tiga hal, yaitu pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Karena tema terfokus pada penelitian, yang harus dipahami yaitu, kegiatan penelitian memiliki peran yang sangat penting terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, karena tanpa penelitian, pengembangan pengetahuan dan teknologi akan menjadi terhambat. Penelitian ini tidak bisa berdiri sendiri, tapi harus dikaitkan dalam pembangunan dalam arti yang luas, yakni penelitian bukan hanya semata-mata dilakukan pada saat itu saja, melainkan perlu digunakan dan dimanfaatkan untuk masa depan atau untuk kedepannya. Harapannya, dari webinar ini, banyak hal yang bisa menyadarkan teman-teman mahasiswa, bukan hanya sertifikat yang bisa dibanggakan, tapi berapa banyak ilmu yang bisa teman-teman bagikan ketika teman-teman lulus”, tanggapan dari Aries Novianto selaku Presiden Mahasiswa Politeknik AKA Bogor mengenai acara ini, yang disampaikan saat memberikan sambutan.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pemateri pada acara Webinar Penelitian ini yaitu Bapak Reza Mulyawan, M.Si, yang merupakan dosen di Politeknik AKA Bogor. Selain menjelaskan mengenai pentingnya penelitian bagi mahasiswa sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, pemateri juga menyampaikan mengenai bagaimana sikap mahasiswa yang baik dalam melaksanakan penelitian, serta cara mewujudkan inovasi ke dalam penelitian. Pada webinar ini, pemateri sukses menyampaikan materi dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta webinar. “Materi nya menarik terus penyampaiannya juga jelas sampai dijelasin implementasinya,” ujar salah satu peserta yang kami wawancarai.

“Kesannya dan pesan materi webinar ini sangat menarik apalagi topiknya tentang penelitian dan tri dharma banyak yang kurang mengetahui di penelitian baik sikap atau macam-macam penelitian itu dan pastinya narasumber yang diberikan sesuai bidang ilmunya jadi lebih jelas penyampainnya dan menguasai. Pesannya semoga bisa diadakan webinar lagi dengan tema yang menarik dan narasumber yang sesuai bidang ahlinya. Manfaatnya yang pasti jadi tau tentang tri dharma perguruan tinggi khususnya penelitian”, ujar salah satu peserta webinar mengenai kesan dan pesan untuk acara ini.

Diakhir acara, moderator yaitu Bayu Santoso menyampaikan kesimpulan dan pesan untuk para peserta webinar, “Jangan pernah menyerah, bangkitlah ketika kita jatuh, dan jangan pernah berhenti untuk mencoba”, ujarnya sebagai penutup.

Acara ini berjalan dengan baik, seperti yang dikatakan oleh Amartya Ramadhan selaku ketua pelaksana acara webinar ini, “Alhamdulillah acara berjalan lancar serta dari peserta aktif bertanya dan pemateri sangat baik dalam membawakan webinar penelitian ini, dan selama persiapan acara paling hanya kurang sedikit koordinasinya, alhamdulillah masih bisa panitia backup.” (RLQ/RPA)

Tinggalkan Balasan