Ditinggal Makan Siang, Penghuni Kos di Tanah Baru Kemalingan

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Jurnalikanews – Seorang Mahasiswa Politeknik AKA Bogor kehilangan barang berharga miliknya, yaitu berupa laptop merk Asus berwarna biru dan juga sebuah dompet yang berisi KTP, Kartu Tanda Mahasiswa, ATM BNI, dan SIM C. Peristiwa kehilangan tersebut terjadi di salah satu kos yang beralamat di Tanah Baru, Bogor Utara, pada hari Jumat, tanggal 25 juni 2021.

Kejadian bermula ketika korban dan teman-temannya sedang makan siang di lantai atas. Posisi kamar kos korban berada di lantai bawah. Kala itu korban langsung naik ke lantai atas dengan menutup pintu kamar kos namun tidak menguncinya. Beberapa waktu kemudian salah satu teman korban memergoki pintu kamar kos yang sudah terbuka.

“Jam 12.00 WIB saya dengan teman-teman makan di lantai atas. Saya waktu naik ke atas sudah menutup pintu tapi belum menguncinya, terus tiba-tiba teman saya turun ke lantai bawah untuk membeli obat dan dia melihat pintu kos saya sudah kebuka sekitar jam 13.30 WIB dan barang–barang saya yaitu laptop juga dompet yang berisi surat-surat penting sudah hilang.  Sebelum kejadian tetangga kos saya melihat 2 orang  bapak–bapak seperti sedang memantau situasi dan mungkin salah satunya itu eksekutor dan yang satunya memantau situasi. Tetangga kos saya yang lain juga merasa ada yang menggedor pintu kamarnya, kemungkinan aksi menggedor itu untuk memastikan situasi aman atau tidak” ungkap korban dari peristiwa kehilangan ini.

Untuk saat ini barang–barang yang hilang belum ditemukan. Atas kejadian tersebut korban kemudian melapor ke RT setempat dan sudah dibuatkan surat kehilangan oleh polisi yang juga merupakan pemilik kos. Korban berpesan agar menjaga keamanan di sekitar tempat kos terutama kamar pribadi dan jangan sampai meninggalkan kamar kos dalam keadaan tidak terkunci karena kita tidak tahu siapa saja yang lewat di area sekitar kos.

Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, terapkan beberapa tips sederhana yang barangkali dapat mencegah kemalingan di kos–kosan.

Pertama, selalu kunci kamar dan usahakan bawa kunci kamar. Meskipun hanya pergi sebentar dan jaraknya dekat dengan kos. Jangan izinkan siapapun untuk menduplikasi kunci kamar, karena dikhawatirkan apabila hilang bisa jatuh ke tangan orang yang salah.

Kedua, jika akan meninggalkan kos pastikan jendela tertutup dengan rapat dan jangan menaruh barang-barang berharga di dekat jendela karena bisa saja pencuri mengambilnya lewat jendela.

Ketiga, jangan memasang label nama di pintu kamar kos, karena dikhawatirkan pencuri langsung menemukan kamar kita, beberapa pencuri memang mengincar orang tertentu.

Keempat, simpan barang–barang berharga seperti laptop, dompet, dan handphone di tempat yang tertutup, aman, dan tidak diketahui oleh orang lain.

Kelima, membangun komunikasi antar penghuni kos. Usahakan mengenal dengan baik sesama penghuni kos dan jangan segan–segan untuk bertanya jika ada orang asing yang memasuki area kos-kosan. (RAJ/AF)

Tinggalkan Balasan