Light Up Your Ramadhan: Keistimewaan Nuzulul Qur’an

Sumber : Dokumen Pribadi

Jurnalikanews Kamis, 29 April 2021 telah berlangsung Acara Light Up Your Ramadhan dengan tema Keistimewaan Nuzulul Qur’an secara daring melalui platform Zoom, yang diselenggarakan oleh LDK KMA dari hasil rapat dengan Kastrad LDK.

Nuzulul quran sendiri merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan. Pada tahun 2021/1442 Hijriah, Nuzulul Quran jatuh pada Kamis, 29 April 2021. Nuzulul Quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

Acara kali ini berlangsung pada sore hari, pukul 16.00-17.20 WIB. Acara Light Up Your Ramadhan ini memiliki tujuan untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat. Pemateri Acara hari ini disampaikan oleh Ustadz Hepi Andi Bastoni selaku tamu undangan di acara tersebut, Acara ini dihadiri kurang lebih 40 peserta dari Mahasiswa/i warga IMAKA. Rangkaian acara ini yaitu, pembukaan, pembacaan tilawah, sambutan dari Ketua Pelaksana Acara, pemaparan ceramah, sesi tanya jawab, doa penutupan, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun pada bulan Ramadhan. Pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini dilaksanakan di Masjid NAJ atau di Lapangan Politeknik AKA bogor yang diselenggarakan oleh LDK KMA. Walaupun acara tahun ini dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi antusias Mahasiswa/i IMAKA untuk hadir dan berperan aktif dalam menyukseskan acara ini.

“Cukup bagus, karena dengan adanya kegiatan ini jadi lebih tau keutamaan dari malam Nuzulul Qur’an” ungkap Rizal Azmi Apandi selaku ketua pelaksana Acara Light Up Your Ramadhan. Ia berharap untuk kedepannya acara ini agar lebih variatif dan kreatif. (AA/ZNS)

Tinggalkan Balasan