Pulau Kanawa, Surga Indah Tersembunyi dari Timur Indonesia

Sumber : yuktraveler.blogspot.com

Jurnalikanews- Indonesia, sebuah negeri indah nan memesona maha karya Sang Pencipta, negeri yang kaya akan kebudayaan dan keindahan alamnya. Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tersebar di setiap sudutnya, yang menjadi daya tarik untuk wisatawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan manca negara. Beragam kebudayaan tersebar di seluruh penjuru Nusantara, karena sejatinya kebudayaan adalah nilai-nilai kedaerahan yang dikemas dalam berbagai bentuk. Ragam kebudayaan tersebut menjadi identitas masing-masing daerah yang hingga kini masih terjaga tradisi dan kelestariannya.

Berbicara tentang keindahan alam Indonesia memang tidak ada habisnya, begitu banyak surga di Indonesia yang masih tersembunyi. Salah satu surga tersembunyi di Indonesia yaitu Pulau Kanawa, di Nusa Tenggara Timur.

Pulau Kanawa adalah salah satu kepulauan yang ada di Labuan Bajo. Keindahan tersembunyi ini wajib dikunjungi bila liburan ke sana. Terletak 15 km dari Labuan Bajo, pulau ini sangat indah dan jauh dari keramaian. Akses menuju tempat ini dapat ditempuh dengan menaiki perahu layar yang disewa dari dermaga ujung Labuan Bajo dengan waktu tempuh dua jam perjalanan. Pulau Kanawa berada paling depan sebelum masuk menjelajah Pulau Komodo. Jadi, bisa dikatakan pulau ini adalah pintu gerbang bagi wisatawan jika ingin berlayar mengelilingi pulau-pulau yang bertebaran di sekitar Labuan Bajo.

Kapal layar tidak diperbolehkan merapat di bibir pantai Pulau Kanawa, karena takut akan merusak terumbu karang. Alhasil, kapal harus membuang jangkar di tengah laut dan penumpang dipindahkan ke kapal motor yang lebih kecil untuk mencapai bibir pantai. Kapal motor kecil akan merapat di dermaga panjang Pulau Kanawa. Selanjutnya pengunjung harus berjalan kaki menyusuri dermaga untuk sampai di bibir pantai Pulau Kanawa.

Pantai di Pulau Kanawa ini menyuguhkan pemandangan indah berupa hamparan pasir putih yang luas, didukung dengan suasana yang damai karena jauh dari keramaian. Pulau dengan luas 32 ha ini mempunyai fasilitas penginapan berupa bungalo yang bisa disewa oleh wisatawan. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini di antaranya snorkling dan diving. Di perairan dangkal sudah terlihat aneka terumbu karang dan ikan hias kecil warna warni yang sesekali melintasi terumbu karang. Apabila hanya ingin bermain di bibir pantai, wisatawan bisa berswafoto dengan banyak spot foto instagramable seperti ayunan kayu, pohon dengan ranting unik, atau hanya duduk dan bermain di hamparan pasir putih nan bersih. Suasana di sini sangat panas, jadi jangan lupa gunakan pelindung mata seperti topi atau kacamata dan tabir surya untuk kulit supaya tidak terbakar.

Selain itu, di Pulau Kanawa ini terdapat bukit yang bisa dicapai dengan trekking. Dari atas bukit, kita bisa melihat birunya langit dan hamparan laut lepas di bawah sana. Sesekali angin laut berhembus semilir membuat suasana yang sepi menambah damai di hati. Pulau Kanawa yang indah dan sepi ini cocok sekali bagi wisatawan yang sedang mencari inspirasi atau sedang ingin menyendiri dan membutuhkan ketenangan, karena jauh dari keramaian, namun pemandangannya sangat indah sekali. (RLQ)

Referensi :

https://spadepicnic.wordpress.com/2018/12/03/wonderful-indonesia-kekayaan-alam-budaya-indonesia/

https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5388998/pulau-kanawa-keindahan-tersembunyi-labuan-bajo

Tinggalkan Balasan