JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update Saduran

Social Experiment

Sumber : fiverr.com

JurnalikanewsSocial experiment adalah proyek penelitian yang dilakukan dengan subyek interaksi antar manusia di dunia nyata. Ini biasanya menyelidiki dampak dari intervensi kebijakan kepada individu, keluarga, bisnis, tingkat atau kelas, atau unit lain ke perlakuan yang berbeda serta kondisi terkendali yang mewakili status quo secara acak. Percobaan social experiment pertama dibangun oleh  psikolog Amerika Norman Triplett  pada tahun 1895 dengan tujuan mempelajari pengaruh kelompok pada kinerja balap.

Beberapa contoh social experiment sekarang yang dapat kita lihat yaitu “percobaan ketaatan stanley milgram pada tahun 1963” di mana mereka mengukur kemauan peserta studi (laki – laki) dari beragam macam pekerjaan dengan berbagi tingkat pendidikan. Eksperimen tersebut menemukan, secara tidak terduga, bahwa proporsi yang sangat tinggi dari subjek akan sepenuhnya mematuhi instruksi, meskipun dengan enggan. Milgram pertama kali mendeskripsikan penelitiannya dalam artikel tahun 1963 di Jurnal Psikologi Abnormal dan Sosial dan kemudian membahas temuannya secara lebih mendalam dalam bukunya tahun 1974.

Pada masa sekarang percobaan sosial banyak dilakukan melalui kanal-kanal dunia maya. Para peneliti menggunakan responden berupa kontributor-kontributor dunia maya (netizen) baik melalui media sosialblog, dan halaman survei dalam bentuk web.

Saat ini, kita sering melihat istilah social experiment di platform berbagi video seperti YouTube, yang digunakan untuk eksperimen orang awam di mana aktor mencoba memprovokasi tanggapan dari orang yang lewat, biasanya difilmkan dengan kamera tersembunyi. Salah satu social experiment yang cukup viral melalui platform youtube yaitu tentang video cadar dan celana cingkrang yang dianggap memiliki paham radikal (Musliminealz Production). Melalui platform YouTube beberapa publik figur juga melakukan prank dan juga melakukan social experiment seperti Baim Wong dan Atta Halilintar. (RAJ)

Referensi :

Wikipedia Eksperiment sosial (https://id.wikipedia.org/wiki/Eksperimen_sosial)

Wikipedia Percobaan Milgram (https://id.wikipedla.com/wiki/Milgram_experiment)

Tinggalkan Balasan