JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update Saduran

Pola Hidup Sehat Ala Orang Jepang

Sumber : https://images.app.goo.gl/NWBkxNQLJP3w2u756

Jurnalikanews- Selain kecanggihan teknologi di negara Jepang, ternyata gaya hidup masyarakat Jepang dalam menerapkan pola hidup sehat sangat patut untuk dicontoh. Jepang adalah salah satu negara tertinggi dengan populasi penduduk usia di atas 100 tahun. Selain faktor genetik yang mungkin memainkan peran, beberapa hal lain seperti pola makan dan gaya hidup berpengaruh terhadap angka harapan hidup masyarakat Jepang yang lebih tinggi. Berikut adalah kebiasaan sehat yang patut dicontoh dari orang Jepang:

  • Jalan Kaki dan Bersepeda

lebih dari 80% masyarakat Jepang lebih menyukai jalan kaki atau bersepeda. Selain alasan kesehatan, ternyata hal ini disebabkan juga karena biaya parkir kendaraan pribadi yang mahal. Karena tidak terlalu banyak kendaraan bermotor di pusat keramaian, kota-kota di Jepang juga rendah polusi yang menjadikan masyarakatnya jauh lebih sehat.

  • Suka Minum Teh

Ocha atau teh khas Jepang sering sekali ditemukan di restoran yang menyajikan menu-menu Jepang. Memang orang Jepang sangat suka minum teh sebelum atau sehabis makan, karena memang dalam teh hijau mengandung senyawa yang dapat meningkatkan aliran peredaran darah sehingga dapat mengurangi risiko penyakit berat seperti serangan jantung, obesitas, dan hipertensi. Nah, ini juga rahasia para wanita Jepang selalu memiliki berat badan yang ideal.

  • Lebih Banyak Konsumsi Makanan Laut

Satu hal yang membuat pola makan masyarakat Jepang sangat sehat adalah fokusnya pada makanan laut. Jepang memiliki tingkat penyakit jantung terendah di dunia. Pria paruh baya di Jepang juga memiliki lebih sedikit penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Tak hanya menyehatkan jantung, konsumsi makanan laut dua kali dalam sepekan juga menjaga kesehatan otak dan mental.

  • Suka Berendam Air Panas

Onsen atau sumber air panas merupakan tempat yang digemari orang Jepang. Berendam di pemandian air panas memang sangat bagus untuk kesehatan, karena dapat melancarkan peredaran darah juga sebagai relaksasi.

  • Menikmati Hutan dan Alam

Di Jepang, praktik ‘shinrin-yoku’ atau yang berarti menikmati suasana hutan merupakan salah satu bentuk terapi alam. Daripada pergi ke area-area ramai seperti pusat perbelanjaan, menghabiskan waktu di hutan dapat melatih kemampuan mindfulness dan menyesuaikan diri dengan suasana alam. Saat berada di alam, Anda akan menggunakan semua indera. Pada saat yang sama, pikiran dan tubuh akan merasa lebih rileks, sama halnya seperti meditasi. Beberapa studi bahkan menemukan berada di lingkungan hutan dapat menurunkan tekanan darah, meredam stres, dan meningkatkan perasaan tenang. (AA)

Referensi :

https://www.orami.co.id/magazine/7-gaya-hidup-orang-jepang-yang-wajib-ditiru-untuk-menjaga-kesehatan/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200824115331-255-538613/6-pola-hidup-sehat-dan-panjang-umur-ala-jepang

Tinggalkan Balasan