JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update

Terlalu Sering Menggunakan Handphone, Yuk Jadi Generasi Milenial yang Bijak!

Sumber : https://bolastylo.bolasport.com/read/171812954/jangan-dianggap-sepele-main-handphone-terlalu-lama-beri-dampak-buruk-pada-otak-kamu?page=all

Jurnalikanews – Hai para anak milenial! Pasti saat ini kalian sedang memegang handphone kan. Mendengar benda tersebut, tentu saja kalian sudah tidak asing lagi. Yup, benda yang satu ini tentu tidak pernah lepas dari gaya hidup anak jaman sekarang. Adanya kegiatan belajar mengajar secara daring, tentu membuat kita semakin sulit lepas dari handphone.

Tapi, tahukah kalian bahwa sering menggunakan handphone dapat menimbulkan bahaya? Yuk simak bahaya apa saja yang dapat terjadi jika kita sering menggunakan handphone. Dilansir dari alodokter.com, berikut ini bahaya yang dapat ditimbulkan apabila kita sering menggunakan handphone.

  • Trigger Thumb (jempol menekuk)

Terlalu sering mengetik ataupun menyentuh layar handphone dengan menggunakan ibu jari dapat menyebabkan kita mengalami kondisi ini. Trigger thumb (jempol menekuk) adalah kondisi di mana ibu jari menjadi kaku dan tetap dalam keadaan bengkok meskipun sedang tidak menggunakan handphone dan apabila dipaksa kembali ke posisi lurus maka akan timbul bunyi gemertak serta nyeri sendi pada ibu jari.

  • Text Neck Syndrome

Kondisi ini dapat terjadi, saat kita terlalu sering menggunakan handphone. Akibatnya kita akan semakin banyak menengok ke bawah. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan otot leher menjadi tegang sehingga terasa kaku dan sakit.

  • Merusak Penglihatan

Menatap layar handphone terlalu lama serta dalam jarak yang dekat dapat menyebabkan mata kita menjadi lelah. Adapun gejala mata lelah antara lain mata merah atau iritasi, mata kering, serta penglihatan menjadi kabur. Apabila hal ini terjadi terus menerus dapat terjadi kerusakan penglihatan seperti mata minus.

  • Gangguan tidur

Adanya handphone di sekitar kita, membuat kita selalu ingin mengecek notifikasi serta membuka aplikasi yang ada di handphone kita. Hal inilah yang menyebabkan waktu jam tidur kita terganggu. Perlu diketahui juga, adanya sinar biru (blue light) yang dipancarkan oleh handphone dapat menahan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengontrol siklus tidur seseorang, sehingga saat kita ingin mulai tidur menjadi terasa lebih susah.

Meskipun handphone merupakan benda yang sulit lepas dari gaya hidup anak milenial sekarang. Kita sebagai generasi milenial harus bijak dalam menggunakan benda tersebut. Sebagai contohnya, kita dapat membatasi penggunaan handphone seperlunya saja, mengurangi tingkat kecerahan di handphone, tidak terlalu menunduk saat menggunakan handphone, serta dapat juga mematikan handphone setidaknya 30 menit sebelum tidur. (SMM)

Tinggalkan Balasan