Ternyata Ini Sudah Ada Sejak Abad Ke-15!

Sumber : fashionupdate.net

Jurnalikanews –Siapa sih yang tidak kenal dengan ‘Waist Bag’ pasti sudah gak asing lagi, kan? Tas jenis waist bag merupakan salah satu jenis tas yang digunakan dalam berbagai macam fungsi dan perlengkapan. Tas jenis waist bag merupakan salah satu jenis tas yang biasanya dikenakan di sekitar pinggang dan pinggul, seperti namanya. Pada umumnya, tas tersebut memiliki fungsi yang sama dengan sling bag atau tas selempang, namun terdapat perbedaan, yaitu pada bentuknya yang lebih cenderung memanjang. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang menggunakan tas waist bag dengan diselempangkan ke bahu agar tampak lebih fashionable dan modis. Untuk kegunaannya sendiri, jenis atau model tas yang satu ini yaitu dapat digunakan untuk bepergian, sebab bentuknya yang kecil dan praktis.

Tak banyak yang tahu bahwa waist bag sudah ada sejak abad ke-15. Dulunya, tas jenis ini digunakan para asisten rumah tangga di Prancis untuk meletakkan berbagai keperluan seperti kunci, gunting, gembok, dan semacamnya. Sebutannya adalah “chatelaine“, dipakai dengan dikaitkan dan diikat pada pinggang mereka menggunakan semacam strap. Seiring berjalannya waktu, waist bag menjadi aksesori dengan beragam fungsi seperti untuk bersepeda, main ski, dan naik gunung. Di tahun 80-an, waist bag berkembang jadi fashion item bergaya sporty dan dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Para selebriti pun mulai banyak memakainya hingga membuat waist bag semakin populer. Tren ini berlangsung hingga tahun 90-an di mana sejumlah rumah mode membuat desain waist bag sebagai bagian dari koleksinya.

Pada tahun 2011, seorang desainer handbag keturunan Korea-Amerika bernama Sang A Im-Propp, mencoba mengembalikan kejayaan tas ini dengan membuat desain yang elegan dan stylish. Tas yang dibuatnya terbuat dari bahan kulit buaya dan berhasil terjual 1.995 dolar. Namun kini waist bag kembali menjadi tren dan kembali jadi primadona di dunia fashion setahun belakangan ini. Semua bermula ketika sejumlah rumah mode menggunakannya sebagai aksesori di panggung koleksi menswear spring/summer 2016. Dari sana, para selebriti mulai tampak sering menggunakan model serupa di aktivitas sehari-harinya. Salah satunya ialah Kylie Jenner.

Sumber : kyliejenner via Instagram

Melihat popularitas waist bag di kalangan para artis, rumah-rumah mode dunia pun berlomba menciptakan waist bag dengan versi dan ciri khasnya masing-masing dengan desain yang sophisticated.

Sumber : izzahi via Instagram

Sekarang waist bag tak hanya tren dan popular di kalangan dunia fashion, namun banyak pula digunakan pada kehidupan sehari–hari terutama dikalangan anak muda, dikarenakan waist bag memiliki kelebihan tersendiri seperti praktis untuk dibawa kemana–mana, karena ukurannya yang tidak terlalu besar bahkan kecil, sebagai penunjang penampilan agar terlihat modis dan dapat digunakan di pinggang atau diselempangkan di bahu. (DV)

Referensi

https://www.fimela.com/fashion-style/read/3810010/fimela-historia-timbul-tenggelam-tren-waist-bag-di-dunia-fashion

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/239623/waist-bag-tas-kekinian-yang-sangat-populer-di-dunia-fashion

Tinggalkan Balasan