JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update

Kemiskinan, Pangkal Masalah Sosial di Indonesia

Sumber : Liputan6.com

Jurnalikanews—Kemiskinan merupakan akar permasalahan dari masalah sosial yang ada di Indonesia maupun di dunia. Untuk masalah ini, Kementerian Sosial menggelar Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) 2014. Pada tahun 2014 Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan “Selain melakukan penjangkauan masalah sosial, tim LBKS juga melakukan upaya sebagai bagian dari solusi permasalahan tersebut”. Tim LBKS diresmikan pada tanggal 13 Desember 2014 di Jakarta, setelah diresmikan tim LBKS bergegas untuk menjalankan tugasnya dengan daerah yang dipilih yaitu Kalianda, Provinsi Lampung.

Setelah tim LBKS selesai mengunjungi daerah Kalianda, Provinsi Lampung, tim LBKS melanjutkan penjangkauan ke Lahat, Sumatera Selatan dan berakhir di Jambi. Pemilihan tempat tersebut bukan tanpa alasan, karena berdasarkan analisis peta, masalah sosial yang paling beresiko dan perlu penanganan segera adalah daerah tersebut, karena di daerah tersebut banyak sekali penyandang disabilitas dan kemiskinan.

Tim LBKS adalah bagian dari solusi terhadap berbagai permasalahan bangsa dan meneguhkan peran negara. Tim LBKS adalah awal lahirnya kecintaan terhadap jati diri bangsa, karena maraknya konflik pada kesenjangan sosial dan masalah sosial, maka dengan dibentuknya tim LBKS berharap agar permasalahan sosial yang ada di Indonesia dapat teratasi. Dari tim LBKS kita belajar bahwa peduli, berbagi dan toleransi adalah sikap yang harus dikuatkan dengan pendampingan dan revitalisasi nilai-nilai kearifan lokal.(MAY)

Tinggalkan Balasan