JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Recent Update Saduran Tips & Trick

DIY Sabun Tradisional Ramah Lingkungan Pengganti Detergen

Sumber : theasianparent.com

Jurnalikanews – Menurut Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Ety Riany, salah satu sumber pencemaran sungai di DKI Jakarta yang paling tinggi adalah detergen. Melansir dari Sustaination.id, penggunaan detergen pada setiap rumah tangga rata-rata sebesar 50 gram per hari dan dalam setahun terdapat 720 ton detergen yang digunakan. Jumlah yang fantastis tersebut berakhir menjadi limbah cair yang mencemari lingkungan.

Salah satu pengganti detergen yang lebih ramah lingkungan adalah menggunakan buah lerak. Lerak mengandung saponin yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci yang dapat membersihkan apa saja. Walaupun busa yang dihasilkan tidak sebanyak busa dari detergen berbahan kimia, namun, sabun lerak salah satu alternatif terbaik yang dapat mengangkat noda, minyak, dan kotoran pada kain pada saat direndam. Menariknya, busa yang berasal dari saponin ini berbeda dari detergen atau sabun konvensional, yaitu tidak mencemari lingkungan karena sifatnya yang biodegradable (dapat terurai oleh mikroorganisme). Selain itu, lerak juga hypoallergenic sehingga relatif aman digunakan oleh orang-orang yang alergi terhadap sabun maupun digunakan untuk bayi. Ada dua cara membuat sabun lerak, yaitu dengan cara merebus atau merendamnya.

Membuat Sabun Lerak dengan Cara Direbus:

  1. Rebus 250 g lerak dalam 500 mL air bersih kurang lebih selama 1 jam.
  2. Biarkan dingin, air akan keruh dan seperti rendaman asam.
  3. Tambahkan essensial oil lalu remas-remas buah lerak hingga berbusa.
  4. Saring dan airnya bisa langsung digunakan untuk mencuci
  5. Sabun lerak bisa digunakan sampai 7 hari.

Membuat Sabun Lerak dengan Cara Direndam:

  1. Masukkan buah lerak ke dalam botol atau wadah.
  2. Rendam lerak hingga lunak
  3. Potong-potong lerak agar lebih mudah diambil sesuai kebutuhan.
  4. Campur potongan lerak dengan air secukupnya, kucek hingga menghasilkan busa.

Agar lebih efektif, tambahkan soda kue ke dalam larutan sabun lerak saat mencuci piring. Untuk mencuci pakaian agar mendapat hasil yang lebih maksimal, rendam terlebih dahulu pakaian dan kantung kain yang berisi buah lerah dengan air panas selama beberapa saat sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Saponin akan lebih aktif pada suhu yang tinggi. Dikarenakan lerak ini merupakan detergen tradisional tanpa bahan kimia, sebaiknya dalam penggunaannya ditambahkan essensial oil sebagai pewangi, seperti lavender atau citrus. Selamat mencoba! (RPA)

Tinggalkan Balasan