JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Inspirasi Kesehatan Recent Update Tips & Trick

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Meminum Jamu

Sumber:https://www.google.com/terapkan3gayahidupsehat

Jurnalikanews– Daya Tahan Tubuh atau Sistem Imunitas ibarat sebuah perisai dalam tubuh Anda.  Di mana sistem imun ini berfungsi menjaga tubuh Anda dari serangan virus dan bakteri penyebab penyakit, apalagi sejak tahun 2020 sedang maraknya Covid-19 atau yang  disebut Virus  Corona. Lalu bagaimana cara  meningkatkan daya tahan tubuh?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti sering berolahraga, meminum suplemen untuk Sistem Imunitas, mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, serta menjauhi minum-minuman beralkohol dan tidak merokok. Cara Alami lainnya dalam meningkatkan Daya Tahan Tubuh yaitu dengan mengonsumsi jamu secara rutin di tiap harinya, minimal sehari sekali di pagi hari sebelum melakukan aktivitas kerja. Di Indonesia sendiri, sebagian orang masih percaya dengan beberapa ramuan tradisional. Tak hanya enak, namun ramuan tersebut dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh karena berasal dari bahan-bahan alami. Jangan  salah, orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden RI Bapak Joko Widodo rutin mengonsumsi jamu di pagi hari.

Sumber:https://www.google.com/url-minuman-tradisional-peningkat-daya tahan-tubuh
Sumber:https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fid.depositphotos.com%2Fstock-photos%2Fherbal.

Di samping sebagai pengobatan herbal dan memiliki banyak manfaat, bahan-bahan jamu ini mudah didapatkan di Pasar atau bisa ditanam di halaman rumah Anda. Salah satu jamu yang ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh adalah Jamu “Jakutes” yang  bahan utamanya terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, dan sereh. Jamu ini sudah lama diracik oleh orang-orang zaman terdahulu, namun namanya makin dikenal semenjak wabah COVID-19 ini meraja rela.

Untuk tahap pembuatannya sendiri, Anda bisa menyiapkan bahan-bahannya seperti:

– 2 ruas jahe
– 1 ruas kunyit
– 1 ruas temulawak
– 1 batang sereh (ambil putihnya)
– Air 1200 ml (bisa untuk 4 gelas)
– Madu secukupnya

Cara pembuatannya:

  1. Iris dan buang kulit jahe, kunyit, temulawak, lalu geprek semuanya.
  2. Kemudian, Geprek serai.
  3. Masukkan ke panci seluruh bahan, tambahkan air, lalu rebus dengan api kecil.
  4. Terakhir, tambahkan madu.
  5. Jamu “Jakutes”  siap dihidangkan.

Selain dari bahan-bahan tersebut, Anda bisa membuat  jamu yang berbahan dasar lain tetapi memiliki khasiat yang sama, seperti Jamu dari Bawang Putih, Jamu Kunir Asem, Wedang Jahe Susu Rempah, Jamu beras kencur, dan masih banyak lagi. Dalam pembuatan Jamunya sendiri, akan lebih baik jika Anda membuatnya sendiri di rumah dibandingkan mengonsumsi Jamu yang dikemasan, karena kandungannya berbeda walaupun memiliki manfaat yang sama.

Di zaman sekarang ini perlu sekali mengonsumsi jamu-jamuan dikarenakan semakin banyak virus-virus baru yang bermunculan, Tapi jangan asal dalam mengonsumsinya yaa.. perlu dilihat komposisinya dalam resep yang terpercaya. Jika tidak, akan mengakibatkan keracunan atau efek samping lainnya. Selagi yang tradisional bermanfaat bagi tubuh Anda, tidak salahnya untuk mencoba. (zns)

Tinggalkan Balasan