JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Bisnis Hiburan Inspirasi Recent Update Tips & Trick

Cara Mudah Membangun Bisnis Online Tanpa Modal

Sumber gambar : ubisnis.com

Jurnalikanews – Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau kepada warganya untuk berdiam diri di rumah saja. Walaupun kita di rumah saja, kita tetap harus melakukan suatu kegiatan yang produktif, salah satunya dengan membangun bisnis online. Bisnis online sudah banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, dari  anak sekolah hingga ibu-ibu rumah tangga. Tidak hanya karena faktor keuntungan yang menjanjikan, tetapi bisnis online ini bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan dari rumah.

Banyak yang mengira bahwa membangun bisnis online itu membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Modal usaha menjadi kendala yang cukup menakutkan bagi para pemula yang baru akan merintis bisnis online. Padahal banyak contoh kasus pebisnis yang memulai bisnisnya tanpa modal namun kini telah berhasil memiliki pelanggan tetap bahkan telah memiliki brand sendiri.

Dikutip dari Suara.com, Ada beberapa cara untuk membangun bisnis online tanpa modal yang cocok bagi pemula seperti Anda. Anda dapat menjadikan ulasan berikut ini sebagai bahan referensi untuk memilih bisnis online pertama Anda.

1. Bisnis dengan Sistem Pre Order

Sistem Pre Order memungkinkan anda sebagai penjual dapat memperkirakan jumlah calon pembeli Anda sebelum melakukan proses produksi. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang muka sehingga tidak perlu menyiapkan modal produksi. Bahkan, ada juga online shop yang langsung meminta pembayaran penuh di awal pemesanan. Dengan ini Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan biaya produksi pada produk Anda.

2. Menjadi Dropshipper

Dropshipper merupakan agen perantara yang secara sederhananya bertugas untuk menyampaikan pesanan pembeli ke supplier. Untuk menjadi seorang dropshipper, anda perlu menentukan sektor usaha mana yang ingin Anda geluti. Mulailah dari skala kecil dengan berfokus pada satu sektor bisnis saja. Hindari produk-produk yang tidak memiliki prospek jangka panjang. Setelah menentukan produknya, anda hanya melakukan promosi karena proses produksi akan dilakukan oleh supplier sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan biaya produksi.

3. Membuka Jasa Titip Online

Bisnis ini juga tidak memerlukan modal karena sistem pre order yang diterapkan. Cara kerjanya, anda dapat menawarkan jasa titip ini melalui media sosial dengan memperlihatkan produk yang akan dikirim atau anda juga dapat memberikan kebebasan bagi calon pembeli untuk secara spesifik memesan barang yang diinginkan. Skala bisnis jasa titip online ini beragam, mulai dari jasa titip produk antar kota bahkan juga bisa sampai antar negara. Barang titipan yang disediakan juga sangat beragam mulai dari produk makanan khas daerah hingga barang-barang branded yang harganya sampai puluhan hingga ratusan juta.

Walaupun anda memulai bisnis tanpa modal dan dengan skala yang kecil, bukan berarti ini bisnis yang main-main. Konsistensi dan komitmen diperlukan guna menjaga keberlangsungan bisnis anda. Suatu hari nanti, tidak menutup kemungkinan bisnis anda ini akan semakin berkembang menjadi bisnis yang lebih besar. (SS)

Tinggalkan Balasan