JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

olahraga
Artikel Gaya Hidup Kesehatan Recent Update Tips & Trick

Malas Olahraga Tapi Tetap Ingin Sehat? Ini Solusinya!

Jurnalikanews– Sudah mendekati akhir tahun, namun pandemi tak kunjung berakhir. Dari bulan Maret yang lalu, segala kegiatan diluar rumah dibatasi dan dianjurkan untuk mengerjakan apapun dirumah saja seperti pekerja kantoran yang bekerja secara WFH atau work from home serta kegiatan sekolah yang dilakukan secara daring. Tentu saja hal ini sedikit banyak mempengaruhi kesehatan kita. Kita yang terbiasa banyak bergerak saat melakukan kegiatan diluar rumah sekarang hanya duduk menatap laptop. Tidak sedikit orang yang jadi malas gerak untuk berolahraga. Namun di sisi lain, banyak orang yang mengganti kegiatan olahraga dengan menari. Selain sebagai pengisi waktu luang atau hobi, ternyata menari juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lho. Apa aja sih manfaatnya? Yuk kita simak bersama :

Sumber : sehatq.com
  1. Meningkatkan daya ingat

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh The New England Journal of Medicine, menari dapat meningkatkan daya ingat serta mencegah kepikunan saat usia bertambah. Seiring bertambahnya usia, hippocampus atau bagian dari otak yang mengatur memori mengalami penyusutan sehingga menyebabkan terjadinya gangguan memori. Dengan menari dan latihan aerobik rutin dapat mencegah penyusutan tersebut. Bagi para pelajar, tentu saja manfaat yang satu ini sangat berguna ketika pekan ujian yang mengharuskan para pelajar memahami dan mengingat banyak materi pembelajaran.

  • Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

Menari dapat dibilang sebagai serangkaian tes keseimbangan. Menari dapat membuat postur tubuh lebih kuat sehingga otot dan tulang dapat membantu melawan arah gaya gravitasi sehingga tidak mudah jatuh. Selain itu, koordinasi gerakan menari antara tangan dengan kaki dapat melatih anda untuk memindahkan bagian tubuh secara bersamaan dibawah kendali. Bagi kalian yang mungkin mudah jatuh atau tersandung saat bersenggolan dengan orang lain, kalian bisa mencoba untuk menari sedikit demi sedikit agar postur tubuh anda lebih kuat dan bisa menjaga keseimbangan saat bersenggolan dengan orang lain.

  • Menurunkan stress

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan didalam Journal of Applied Gerontology menyatakan bahwa mendengarkan musik dan menari dapat menurunkan stress. Hal ini dikarenakan endorphin, yaitu hormon yang menyebabkan rasa senang, terproduksi dengan cepat saat seseorang mendengarkan musik dan menari. Bagi kalian yang tertekan dan merasa kurang mendapat hiburan selama pandemi, mungkin menari dapat menjadi salah satu solusi untuk kalian.

  • Menjaga kesehatan jantung

Di Italia pernah dilakukan penelitian yaitu dengan mengumpulkan orang-orang yang menderita serangan jantung lalu meminta mereka untuk melakukan tarian waltz. Setelah melakukan tarian tersebut berulang-ulang, tak disangka saat diperiksa kembali ternyata terjadi peningkatan pada kesehatan jantung dan pernafasan mereka. Ternyata gak cuma untuk remaja, tetapi menari juga bagus untuk orang tua.

  • Meningkatkan fleksibilitas

Tentu saja manfaat yang satu ini sudah sangat umum diketahui oleh banyak orang. Menari dapat membuat otot menjadi lebih lentur serta dapat mengurangi resiko nyeri sendi setelah berolahraga.

  • Menurunkan berat badan

Menari menjadi salah satu cara yang mengasyikkan untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Menari dapat membakar kalori dan serta melatih otot. Mengikuti kelas tari selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 130-250 kalori. Wah cocok nih untuk para remaja terutama kaum cewek yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus diet dan mengurangi jatah makan.

  • Panjang Umur

Siapa yang tidak mau panjang umur? Semua manusia akan mengalami kematian, namun banyak hal yang dapat dilakukan agar manusia dapat hidup dengan umur yang panjang. Salah satunya adalah menari, karena ternyata dalam sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa orang yang sering menari dan mengikuti kelas aerobik cenderung kualitas hidupnya lebih baik dan berumur panjang dibandingkan dengan orang-orang yang tidak berolahraga. Mereka yang rutin menari dan melakukan aerobik memiliki resiko kematian lebih rendah dari semua penyebab, seperti serangan jantung dan kanker.

Itulah beberapa manfaat dari menari, cukup banyak bukan? Yuk mulai biasakan hidup sehat. Tidak hanya dengan mengatur pola makan dan istirahat yang cukup, namun olahraga juga perlu agar otot tidak menjadi kaku serta tidak membuat kita untuk malas bergerak. Jika olahraga saja terasa membosankan, mungkin menari dapat menjadi jalan keluar bagi anda yang ingin tetap hidup sehat namun juga dapat menjadi pengisi di waktu luang.(CYP)

Tinggalkan Balasan