JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Kesehatan Recent Update Saduran Tips & Trick

Tanaman Herbal Yang Bermanfaat Disaat Pandemi Covid-19

Sumber : https://bangka.tribunnews.com/2016/07/11/ini-5-tanaman-obat-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh

Jurnalikanews-Virus Covid-19 diklaim sebagai virus yang berbahaya lantaran dapat menyebar dengan cepat. Puluhan ribu orang di seluruh dunia meninggal akibat virus ini. Untuk menghindari virus Corona Covid-19, berbagai tindakan pencegahan telah dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Pada saat pandemi Covid-19, menjaga imunitas atau kekebalan tubuh menjadi salah satu upaya untuk mencegah infeksi.

Berbagai cara tradisional dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengolah tanaman herbal sebagai peningkat daya tahan tubuh. Beberapa tanaman herbal terkenal karena sifat antimikroba dan antiperadangan. Berikut adalah beberapa tanaman herbal yang dapat memperkuat imunitas tubuh:

  • Daun kelor

Daun kelor berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan asam amino dan antioksidan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, daun kelor juga berfungsi untuk memperbaiki segala kerusakan yang dapat disebabkan oleh virus Covid-19. Antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya sebagai penghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen yang mengancam bagi tubuh.

  • Jahe merah

Pada jahe merah terdapat beberapa kandungan yang ada di dalamnya, juga dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imunitas untuk mencegah virus Covid-19. Kandungan senyawa aktif gingerol diklaim dapat melawan respiratory syncytial virus Covid-19 yang dapat memperburuk kondisi orang yang terinfeksi. Mengonsumsi jahe merah dapat diandalkan untuk mengurangi gejala virus corona Covid-19 seperti batuk dan flu dengan sensasi hangat yang dapat dirasakan di tenggorokan.

  • Kencur

Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas pada tubuh. Tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur ini juga dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik. kencur mampu meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh guna mencegah virus corona Covid-19.

  • Temulawak

Temulawak memiliki khasiat yang hampir sama dengan kunyit yakni berperan sebagai penangkal radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin dapat mencegah masuknya sumber penyakit seperti virus Covid-19 ke dalam tubuh.

  • Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai pewarna makanan alami. Dengan tingginya kandungan antioksidan dan kurkumin pada kunyit, membuat tanaman herbal satu ini dapat menjadi andalan untuk mencegah virus Covid-19.

  • Mengkudu

Mengkudu juga memiliki kandungan scopoletin yang membuatnya berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan anti jamur yang berguna untuk menangkal patogen yang berbahaya. mengkudu juga memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  • Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat di dalamnya. Selain Sering digunakan untuk pelengkap bumbu masakan, cengkeh ternyata juga memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kuncup bunga yang terdapat pada cengkeh disinyalir terkandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah dan membersihkan racun yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Sekian informasi yang dapat disampaikan mengenai tanaman herbal yang bermanfaat pada saat pandemic Covid-19 semoga informasi ini bisa berguna bagi para pembaca.(MJ)

Sumber :

  1. https://www.liputan6.com/bola/read/4220364/konsumsi-4-tanaman-herbal-ini-untuk-perkuat-imunitas-tubuh-hindari-virus-corona-covid-19
  2. https://www.merdeka.com/trending/10-tanaman-herbal-bisa-perkuat-imunitas-tubuh-buat-hindari-virus-corona-covid-19-kln.html?page=11

Tinggalkan Balasan