JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Tanaman hidroponik
Artikel Gaya Hidup Recent Update Tips & Trick

Tanaman Hidroponik Sayuran Sederhana untuk Keluarga

Sumber : Shutterstock

Jurnalikanews- Menanam secara hidroponik merupakan kegiatan yang bermanfaat karena menggunakan lahan yang sedikit bisa menghasilkan tanaman yang sehat bagi keluarga. Kebanyakan orang menanam sayuran seperti bayam, kangkung, cabai, tomat dan selada.

Beragam sayur tentunya kebutuhan nutrisinya berbeda-beda pula. Namun, untuk menanam hidroponik berbagai macam jenis sayuran tersebut dalam satu sistem hidroponik tentu masih bisa dimungkinkan. Sistem hidroponik yang dipakai adalah DFT menggunakan PVC 3 inci atau NFT menggunakan talang kotak yang mudah ditemukan di toko besi sekitar kita.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara memberikan pupuk atau nutrisi semua sayuran tersebut. Mengingat, dalam satu sistem, satu tandon, dan satu pompa, ada beberapa jenis sayuran berbeda dan berbeda pula umurnya.

”Menurut pakar hidroponik Yos Sutiyoso, agar aman dan bisa menghidupkan bermacam kultivar, sebaiknya digunakan hanya satu formula, dengan satu EC, yaitu 2.0 mS, berada dalam zona aman, dan jauh dari kemungkinan keracunan”.

“Volume pemberian harus cukup besar, misalnya 2 l/menit/talang. Kombinasi EC yang tinggi, dengan volume pemberian yang besar, bisa menjamin produksi yang cukup tinggi, untuk memenuhi kebutuhan keluarga”.

Tinggalkan Balasan