JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Kesehatan Olahraga Recent Update Tips & Trick

Olahraga Simpel yang Bermanfaat pada Masa Pandemi

Jurnalikanews- Sekarang pada masa pandemic ini kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh. Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi, tubuh juga perlu digerakan, dan salah satunya  dengan berolahraga. Jogging merupakan suatu aktivitas fisik yang mendapatkan energi dari kombinasi penggunaan oksigen dengan lemak tubuh atau gula darah dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dilakukan.

Sebelum kita melakukan jogging, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Perlengkapan atau pakaian yang kita guanakan harus nyaman, karena ini sangat berpengaruh. Lalu tentukan lokasi yang sesuai, durasi waktu yang ideal, dan yang paling penting adalah penuhi asupan dan energi tubuh kita. Selain itu, kita juga harus melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengurangi resiko cedera, kram, dan keseleo. Jika jogging telah selesai, maka perlu dilakukan pendinginan agar detak jantung dan pernapasan kembali normal dan tubuh menjadi nyaman. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, setelah jogging kita harus minum air putih secukupnya.

Manfaat utama jogging yaitu meningkatkan kondisi kesehatan paru-paru dan jantung. Selain itu, jogging juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, meurunkan berat badan, meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh ,mengurangi resiko terkena penyakit, membantu menjaga tulang, dan yang lainnya. Selain bermanfaat bagi fisik, jogging juga memberikan manfaat bagi mental yaiyu sebagai cara untuk melepas stress yang postif. Pada saat kita melakukan jogging, kita dapat melupakan masalah beberapa waktu saat merasa stress sehingga mood kita menjadi baik dan stabil.

Mulailah membiasakan diri melakukan jogging pada waktu yang sesuai secara teratur. Walaupun kita dapat melakukan jogging kapan saja, tetapi ada waktu terbaik utuk melakukannya yaitu di pagi hari sebelum sarapan. Selain udara di pagi hari yang masih sejuk dan bersih, tubuh juga belum terkontaminasi dengan makanan yang masuk. Efek yang diinginkan dari pengaturan aktivitas ini adalah dapat memberikan berat badan yang ideal karena jika berat badan ideal kerja jantung akan lebih ringan dalam memompa darah. Maka dari itu, mari kita biasakan melakukan jogging secara rutin dan teratur sejak dini agar mendapatkan banyak manfaat dari olahraga yang cukup mudah dan sederhana ini. (MUS)

Tinggalkan Balasan