JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Jakarta Osoji Club : Hari Bersih Indonesia

Jurnalikanews- Jakarta Osoji Club yang biasa disingkat JOC merupakan sekumpulan relawan yang peduli dengan kebersihan lingkungan. JOC berawal dari sebuah artikel di Jakarta Shinbun tanggal 7 April 2012 yang berjudul “Flame Tree” para ekspatriat Jepang yang tinggal di Jakarta dan memiliki satu pemikiran dengan Mr.Tsuyoshi Ashida mengajak rekan sesama Jepang untuk peduli terhadap sampah dengan cara melakukan kegiatan Petik Sampah. Acara ini dilakukan pertama kali pada tanggal 29 April 2012 di sekitar Ring Road Gelora Bung Karno Senayan.

Jakarta Osoji Club
Sumber : dokumen pribadi

Kegiatan ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah dengan menerjunkan petugas yang selalu berkeliling ke seluruh area venue untuk membersihkan sampah yang tidak dibuang di tempatnya. Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa segan untuk membuang sampah sembarangan karena terdapat petugas yang akan langsung memungut sampah yang tidak dibuang di tempat sampah. Pengunjung juga diajak untuk menumbuhkan rasa malu bila mengotori lokasi dengan membuang sampah sembarangan.

Kegiatan kedua yaitu dengan mengajak pengunjung untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan. Peserta akan diajak berkeliling acara dan memungut sampah yang dibuang sembarangan, mendapatkan sosialisasi dari aktivis lingkungan, dan memilah dan memisahkan sampah sesuai dengan kategori. Peserta juga akan mendapat penghargaan dalam bentuk piagam dan souvenir. Selain partisipasi dalam event, Jakarta Osoji Club memiliki agenda rutin setiap dua minggu sekali yakni membersihkan sampah Car Free Day (CFD).

Car Free Day (CFD)
 Sumber: dokumen pribadi

Disini terdapat satu set tempat sampah yang terdiri dari tiga kotak kardus yang disarungkan kantong plastik berwarna putih. Di atas tiap kardus tertulis kategori sampah yang boleh dimasukan, yang terdiri dari sampah daur ulang, sampah non daur ulang dan sampah organik. Terlihat juga puluhan orang berkaus putih-hijau dengan sarung tangan sedang memisahkan sampah dengan sebuah jepitan besi, sementara sebagian memungut sampah yang ada di tanah. (dn)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.