JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Yuk Menulis

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Bangsa

Jurnalikanews-Indonesia, suatu negara  yang terletak di kawasan Asia tenggara dan memiliki  beragam kebudayaan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Adanya perbedaan  antara satu daerah dengan daerah lain menjadikan Indonesia kaya akan sumberdaya manusia yang beragam. Pemerintah Indonesia dibantu elemen masyarakat lainnya terus berupaya untuk terus membangun negara tercinta Indonesia agar rakyat dapat hidup sejahtera. Sebagai negara yang ‘sedang’ berkembang, Indonesia tentunya membutuhkan calon penerus bangsa yang berkualitas guna melanjutkan serta meneruskan  pembangunan yang ada saat ini. Sumber daya manusia yang berkualitas tidak bisa terlepas dari peran dunia pendidikan bagi anak bangsa. Adanya Pendidikan yang memadai akan membawa perubahan bagi anak bangsa, karena pendidikan adalah salah satu aspek yang bisa membuat negara maju. Disamping pendidikan formal, anak bangsa juga di bekali dengan pendidikan karakter yang berguna untuk masa yang akan  datang. Pendidikan formal harus diimbangi dengan pendidikan karakter.
Berbagai ancaman di dapat oleh bangsa Indonesia Sebagai negara yang ‘sedang’ berkembang. Tidak hanya Ancaman dari sektor pertahananan NKRI di bidang militer tetapi juga ancaman di sektor yang lainya. Kemajuan teknologi pada saat ini banyak digunakan oleh oknum- oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mempengaruhi anak bangsa. Tidak sedikit  postingan di sosial media yang menyebarkan isu- isu hoax yang dapat  merusak fikiran  anak bangsa.jika Tidak adanya kesadaran  cinta  tanah air dan tidak adanya upaya untuk membela tanah air bukan tidak mungkin jika negara tercinta Indonesia akan hancur. Pentingnya rasa persatuan dan kesatuan mempertahankan NKRI  antara semua pihak sangat dibutuhkan.  Sebagai seorang pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK), tentunya saya tidak bisa berbuat banyak untuk ikut serta bela negara menghadapi ancaman dari sektor militer. Ikut serta dalam kegiatan nasionalisme yang biasa dilakukan seorang pelajar. Mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif serta menghargai teman yang berbeda suku, agama, dan ras. Tidak lupa juga, saya memilih atau menyaring berita- berita yang ada di internet agar tidak sampai terbawa berita hoax dan mengajak teman untuk menggunakan internet positif. Mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang telah berjuang dan mengikuti upacara bendera hari senin dengan khidmat dan disiplin.
Pelajar tidak banyak memiliki peran kepada negara Indonesia selain belajar yang rajin dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Saya sadar, jika pelajar yang berkualitas akan membawa Indonesia dikenal lebih didunia dan generasi mudalah yang akan memimpin Negara Indonesia di masa depan. Dengan memiliki wawasan luas dan cara berpikir baik generasi muda akan bisa memimpin negara inidengan baik pula . Jadikan pengalaman sebagai guru terbaik untuk terus belajar dan memperbaiki. Tanamlah sifat nasionalisme dan cinta tanah air sejak dini, serta gunakan produk dalam negeri sebagai wujud cinta NKRI. Unggah foto di media sosial yang mengandung budaya Indonesia dan produk Indonesia agar produk Indonesia ataupun budaya semakin dikenal disemua kalangan.
IMG_20190115_171540_442
IMG_20190115_171550_923
IMG_20190115_171601_732Sumber foto : @smkn8malang
HANI MAULIDIYAH_SMK NEGERI 8 MALANG_PENDIDIKAN

Tinggalkan Balasan