JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Wisata Kuliner Kota Bima

Jurnalikanews – Bima adalah salah satu kota yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Barat, yang terletak di pulau sumbawa bagian timur. Kota ini juga disebut dengan Dana Mbojo dan memiliki bahasa daerah tersendiri yaitu bahasa mbojo.  Pada sejarahnya kota bima ini pusat Kesultanan Bima atau dikenal dengan Asi Mbojo pada masa lampau, selain itu terdapat makam para raja-raja dan para wali. Bima sendiri memiliki banyak wisata kuliner yang sangat menggoda selera selain kuliner kota bima juga memiliki pesona alam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah wisata kuliner yang terdapat di kota bima :

  1. Uta Palumara Londe

3

Ikan ini sangat terkenal di daerah bima dan salah satu makanan favorit orang bima, selain rasanya yang sangat lezat dengan aroma khas kemanginya yang sangat menggoda selera. bahan utama makanan ini yaitu ikan bandeng dengan kuah yang bersantan. Yang didalamnya terdapat bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit dan tomat.

  1. Tota Fo’o

3_1

Tota fo’o ini merupakan sambal khas bima yang berbahan utama mangga dan cabai. Dengan bumbunya yaitu bawang merah dan juga tomat. Rasanya cukup pedas dan sangat cocok jika dimakan bersama sayur bening dan ikan bandeng.  Bagi kalian yang sangat doyan dengan sambal jangan lupa mencoba tota fo’o di daerah bima.

  1. Uta Maju Puru

3_2

Seperti namanya yaitu uta maju puru yang berarti daging rusa yang dibakar. Salah satu makanan favorit masyarakat bima. Daging ini diawetkan dengan cara didendeng agar dapat dimakan setiap harinya.

  1. Sambal Bawa

3_3

Masyarakat bima sering menyebut sambal tersebut yaitu sambal bawa atau sambal bawang. Bahan dasarnya yaitu bawang dan cabai. Sambal ini sangat pedas dengan aroma bawang dan jeruk nipis membuat selera semakin bertambah. Sambal ini sangat cocok dimakan dengan ikan bandeng yang dibakar.

  1. Uta Sepi Tumis

3_4

Makanan ini hanya anda temui di kota bima dengan bahan dasar udang-udang kecil yang ditumis dengan asam muda, cabe dan tomat. Makanan ini sangat di gemari oleh masyarakat bima dengan citarasa yang berbeda. (IAA)

Sumber Foto :

Tinggalkan Balasan