JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Polemik Pemakaian Kaus Kaki dan Sepatu

Jurnalikanews- Pada zaman ini banyak sekali hal kecil yang diperdebatkan namun menjadi suatu pemikiran dan hiburan tersendiri dalam diri kita. Hal-hal kecil itu seperti perbedaan warna pakaian yang sempat popular di dunia maya, rekaman suara yang terdengar nama “Yanny” atau ‘Laurel” hingga sampai dalam kehidupan sehari-hari kita yang diperdebatkan tanpa henti-hentinya yaitu urutan pemakaian kaus kaki dan sepatu.

1

Netizen luar negeri memperdebatkan pemakaian kaus kaki dan sepatu.(Reddit.com)

Umumnya ada dua urutan dalam memakai kaus kaki dan sepatu. Memakai kedua kaus kaki dahulu lalu kemudian kedua sepatu atau memakai kaus kaki dan sepatu di salah satu kaki dahulu baru kemudian di kaki selanjutnya. Sebagian besar orang memakai kedua kaus kaki dahulu lalu kemudian kedua sepatu. Sebaliknya, kaum minoritas pun tergertak. Bahkan ada yang menganggap memakai kaus kaki dan sepatu dengan urutan sebelah-sebelah adalah suatu perbuatan keji atau kotor.

1_2Memakai kaus kaki dan sepatu di lingkungan basah.(Clickinmoms.com)

Sayangnya tak tampak adanya survei atau penelitian tentang urutan pemakaian kaus kaki dan sepatu. Entah karena memang hal ini tidak dapat dipecahkan atau memang tidak ada makna dibaliknya sehingga tak ada orang yang ingin membuang waktunya. Bagaimanapun juga marilah kita bersama-sama meluangkan waktu kita dan memikirkan kebermanfaatan dari kedua proses pemakaian kaus kaki dan sepatu ini.

Pemakaian kedua kaus kaki terlebih dahulu lalu kemudian kedua sepatu memiliki beberapa kelebihan. Penggunaan proses ini membuat kita enak dilihat karena kedua kaki kita sudah tertutupi dibandingkan dengan proses yang mendahulukan salah satu kaki sehingga kaki sebelah terlihat ‘telanjang’ tak terurus. Kedua kaki yang telah tertutup kaus kaki pun dapat langsung menjaga kaki dari temperatur dingin lingkungan.

Pemakaian kaus kaki dan sepatu sebelah-sebelah pun memiliki kelebihannya tersendiri dan tak pernah lepas dari beberapa kegiatan kita. Ketika lingkungan di sekitar kita dalam keadaan kotor atau basah tentu kita ingin kaki serta kaus kaki kita dalam keadaan bersih. Pada saat itulah urutan pemakaian kaus kaki dan sepatu sebelah-sebelah berguna.

Begitulah kegunaan dari masing-masing proses pemakaian kaus kaki dan sepatu. Masing-masing memiliki fungsi pada keadaan tertentu, dalam kegiatan sehari-hari umumnya orang memakai kedua kaus kaki dahulu lalu kedua sepatu dan hanya dalam kondisi lingkungan kotor atau basah memaksa orang memakai kaus kaki dan sepatu sebelah-sebelah. Jadi, proses yang mana yang kalian selalu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? (IBH)