JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Recent Update Saduran

Tari Kecak Berlatar Sunset Pura Uluwatu Nan Indah

kecak
Jurnalikanews- Salah satu tempat wisata di Bali yang sering dikunjungi adala Uluwatu, selain karna tempat yang indah tempat tempat ini juga menampilkan pertunjukan tari kecak. Sebenarnya tari kecak ini tidak hanya di uluwatu. Yang unik dari Tari Kecak Uluwau adalah pertunjukan dilakukan di atas tebing di Kawasan Pura Uluwatu. Dari atas tebing ini, penyajikan pemandangan yang sangat indah. Kita bisa  menonton Tari kecak sambal menyaksikan keindahan sunset, karena panggung pertunjukan dirancang menghadap sunset.
Tari kecak meupakan tari  khas Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan “cak” dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. ari Kecak memiliki keunikan karena tidak mengandalkan istrumen alat musik untuk mengiringi tarian, melainkan paduan suara para penarinya. Irama bunyi “cak, cak, cak…” ditata sedemikian rupa, sehingga menghasilkan suatu paduan yang sangat harmonis, diselingi dengan beberapa aksen dan ucapan-ucapan lainnya.
Sebelum masuk ke lokasi Pura Uluwatu, wisatawan diminta untuk menggunakan kain selendang dipinggang. Jika pengunjung menggunakan pakaian pendek diatas lutut akan diberikan sarung untuk dipakai. Hai ini karena Pura Uluwatu adalah salah satu tempat suci. Jika pertunjukan sudah mau dimulai  penonton akan diberikan kertas berisi cerita yang diceritakan. Pertunjukan ini berlangsung dari jam 17.30-19.00 WITA. (ARF)
http://sihanif.blogspot.com/2011/12/artikel-tari-kecak.html /https://www.nianastiti.com/2015/08/menyaksikan-tari-kecak-berlatar-sunset.html?m=1