JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update

Terlalu Banyak Minum Air Dapat Membahayakan Kesehatan

minum
Jurnalikanews-Selama ini kita dianjurkan banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan. Beberapa orang pun menganggap bahwa mengonsumsi cairan tersebut dalam jumlah besar berdampak positif bagi tubuh. Ternyata, terlalu banyak minum air putih justru dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Bahkan, hal tersebut dapat berujung pada kematian.
Menurut dr. Nadia Octavia, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter air putih (setara 8 gelas air) setiap hari. Sedangkan, wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (setara 7 gelas air). Namun, semua itu tergantung dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.
Menurut seorang profesor sains di Oakland University, Dr Tamara Hew-Butler, sel otak akan membengkak hingga lebih dari 10 persen jika terlalu banyak minum air. Dalam kondisi itu, otak akan mencapai tengkorak dan kemungkinan akan mendorong batang otak sehingga bergeser dari tempat seharusnya.
Berikut 6 ciri Anda sudah terlalu banyak minum air putih :

  1. Urine berwarna bening
  2. Sering merasa mual
  3. Bangun tengah malam untuk buang air kecil
  4. Sering sakit kepala
  5. Sering mengalami kram otot
  6. Merasa lelah

Apabila terlalu banyak minum akan menyebabkan munculnya hiponatremia. Hiponatremia disebabkan oleh minum air atau minuman olahraga terlalu banyak yang dapat mencairkan kadar garam darah di bawah kisaran normal. Penurunan kadar garam darah secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan semua sel di dalam tubuh membengkak.
Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat timbul akibat hiponatremia:

1.       Pembengkakan pada sel otak

Sel otak yang membengkak akibat hiponatremia dapat menyebabkan sakit kepala dan muntah.

2.      Pembengkakan sel otot

Kondisi ini cukup berbahaya karena dapat memicu kram pada seluruh tubuh. Jika sudah terkena, maka aktivitas Anda pun akan terhambat.

3.      Masalah jantung

Minum air putih dalam jumlah yang sangat berlebihan dapat meningkatkan total volume darah, sehingga memperberat kerja jantung dan pembuluh darah.

4.      Nyeri pinggang

Konsumsi air dalam jumlah yang terlalu banyak juga dapat meningkatkan kerja ginjal dalam menyaring cairan yang masuk ke tubuh. Hal inilah yang kemudian dapat menyebabkan keluhan nyeri pinggang.

5.      Sakit kepala

Konsumsi air yang berlebihan juga dapat menurunkan kadar natrium (garam) dalam darah sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, penurunan kadar natrium juga bisa membuat badan lemas, mual, muntah, sering urinasi (buang air kecil) serta disorientasi mental.
Melihat berbagai masalah yang akan muncul di atas, penting bagi Anda untuk menetapkan dosis kebutuhan cairan sehari-hari. Karena setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda, tergantung pada usia, berat badan, dan aktivitas masing-masing.
“Untuk mencegah dehidrasi ataupun kebanyakan minum air, pahami kebutuhan tubuh Anda dan segeralah minum saat merasa haus. Rasa haus merupakan tanda pertama kekurangan cairan, karena itu jangan remehkan dan dengarkan tubuh Anda,” kata dr. Astrid.(Karina F.C/1C)
https://www.liputan6.com/global/read/3139155/terlalu-banyak-minum-air-ternyata-berbahaya-ini-7-cirinya
http://wow.tribunnews.com/2018/02/20/bahaya-terlalu-banyak-minum-air-putih-mulai-dari-penyakit-ginjal-hingga-kematian
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3609752/benarkah-terlalu-banyak-minum-air-membahayakan-kesehatan