JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Eksternal Recent Update

Yuk Intip Kegiatan Desa Binaan Politeknik AKA Bogor

DSCN2222
Jurnalikanews– Jumat (27/7), Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia (FLMPI) Politeknik AKA Bogor  bersama dengan Civitas Akademik mengadakan kegiatan Desa binaan di desa Sukamakmur, kec.Sukamakmur, Kab.Bogor, Jawa Barat. Acara ini berlangsung sejak hari kamis (26/7) hingga Sabtu (28/7) sebagai bentuk perealisasian salah satu dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.
Kegiatan Desa Binaan dibuka dengan sambutan oleh Ronaldo Juniansyah selaku koordinator FLMPI Politeknik AKA Bogor, Pak Ismail M.T sebagai Ketua Program Penelitian dan Pengabdian masyarakat Politeknik AKA Bogor, dan Ketua RT dan RW desa Sukamakmur pada hari kamis sore dan dilanjutkan pada hari jumat dengan kegiatan pelatihan untuk masyarakat dan renovasi masjid.
DSCN2226DSCN2217
Pelatihan yang diberikan antara lain membuat olahan daging ikan lele, pembuatan Sabun cuci piring, dan pembuatan lubang Biopori. Mukhsan Batubara, selaku ketua pelaksana kegiatan desa binaan ini mengatakan, ketiga program tersebut dibuat berdasarkan prodi-prodi yang ada di Politeknik AKA Bogor. Untuk prodi Analisis kimia (ANKIM) adalah pembuatan sabun, prodi Penjaminan mutu Industri pangan (PMIP)  adalah membuatan olahan daging ikan lele, dan prodi Pengolahan Limbah Industri (PLI) adalah pembuatan lubang biopori. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari
“ Harapannya juga dari kegiatan pengolahan daging ikan lele dan pembuatan sabun ini adalah memotivasi masyarakat sekitar untuk membuat IKM sendiri dan untuk lubang biopori harapannya dapat mencegah banjir disini” tambah mukhsan. Selain itu, ada pula kegiatan renovasi masjid sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. “ Alhamdulillah seneng setelah satu tahun akhirnya bisa direnovasi juga” Ujar Pak Aki, selaku warga desa sukamakmur.
Kegiatan Desa binaan dilanjutkan dengan pengajian untuk anak-anak pada malam hari dan ditutup pada hari sabtu (28/7) dengan kegiatan senam bersama warga dan pembagian sabun cuci piring hasil pembuatan bersama. (Geum)

Tinggalkan Balasan