JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia

78758480679-suasana_mengajar_di_mis_celala_aceh_tengah
Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan pada era sekarang. Namun, di era sekarang ini masih banyak anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang seharusnya didapatkan  karena berada di keluarga yang tidak berkecukupan, putus sekolah karena tidak ada biaya, tinggal di pedalaman, dll. Dengan minimnya pendidikan yang ada ini dapat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia.
Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dapat dibuktikan dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia di Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).
Sedangkan menurut UNESCO data dari seluruh ASEAN pada tahun 2017 menujukkan bahwa :

1.Singapura, dengan skor 0,678 berdasarkan UNESCO.
2. Brunei Darussalam, dengan skor 0,672 berdasarkan EDI.
3. Malaysia, dengan skor 0,671 berdasarkan UNDP.
4. Thailand, dengan anggaran 7,6% (Paling tinggi di ASEAN) Thailand memiliki skor dari EDI 0,608.
5. Indonesia, dengan skor 0,603 berdasarkan UNESCO.
44% Penduduk menuntaskan pendidikan menengah.
11% Murid gagal menuntaskan pendidikan alias keluar dari sekolah.

11

http://dianerdiana.blogspot.co.id/2017/05/introspeksi-inilah-peringkat-pendidikan.html

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu: rendahnya sarana fisik, kualitas guru, prestasi siswa, kesempatan pemerataan pendidikan, relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan  mahalnya biaya pendidikan.
Dengan banyaknya masalah yang menyebabkan kualitas pendidikan di Indonesia rendah, seharusnya pemerintah melakukan peningkatan kualitas pengajar, sarana fisik, memeratakan pendidikan di seluruh Indonesia, dan memberikan dana pendidikan bagi orang yang membutuhkan, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia meningkat. (RFN)

  • Instgram : @Jurnalika
  • Line : @igx5444h
  • Website : jurnalika-News.com
  • Twitter : @jurnalika
  • Facebook : Jurnalika Bogor
  • YouTube : Jurnalistik Politeknik AKA