Banyak Masalah , Masih Kuatkah Bumi Saat Ini?

images-2

Bumi merupakan planet satu-satunya yang ada di sistem tata surya yang memiliki penghuni. Lokasi Bumi terletak pada posisi ke-3 terdekat dari Matahari. Dengan posisi yang ideal yaitu tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh, memiliki sumber kehidupan dan pelindung yaitu atmosfer membuat planet ini yang paling layak untuk ditinggali saat ini. Menurut Bank Dunia, Jumlah penduduk Bumi diperkirakan sekitar 7, 4 miliar orang.
Dengan jumlah sebanyak itu dan masalah yang ada di dalamnya, masih kuatkah Bumi ini? Berikut merupakan masalah dapat melemahkan bumi :

1. Kerusakan Lingkungan

mongabay-sampah-pantai-kuta-1-768x512
Kerusakan lingkungan yang terjadi dari tahun ke tahun semakin parah. Hal ini terjadi karena aktivitas manusia  yang tidak memikirkan lingkungan.  Contohnya munculnya sampah di sepanjang pantai Kuta bali setiap awal tahun akibat pembuangan sampah sembarangan yang menyebabkan kelangkaan hewan laut di sekitar pantai.

2. Bencana Alam

images-3
Bencana Alam yang terjadi bukan hal yang terjadi tanpa sebab. Hal ini terbukti ketika terjadi tanah longsor, banjir dan kebakaran hutan pasti dalangnya adalah manusia. Contoh kasus tanah longsor yang terjadi yaitu jalur kawasan puncak pada bulan Maret silam yang mematikan ekonomi dan jalur transportasi warga.
3. Aktivitas Alam
5ad712fb1b6b7-bangunan-rumah-di-banjarnegara-rusak-akibat-guncangan-gempa_375_211 (1)
Aktivitas Alam seperti Gempa Bumi semakin hari semakin sering dengan intensitas kekuatan yang cukup besar. Seperti yang  terjadi di Banjarnegara pada Rabu 18 April 2018. Gempa yang berkekuatan 4.4 SR ini menyebabkan banyak rumah warga rusak dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Selain itu menurut BMKG, di tahun 2018 gempa bumi mengalami lonjakan yang signifikan daripada tahun 2017.
Nah itu dia masalah yang dialami oleh Bumi kita ini. Masalah yang dipaparkan di atas masih sebagian kecil. Dengan adanya masalah yang terjadi, apakah Bumi masih sanggup? (RLI)

  • Instgram : @Jurnalika
  • Line : @igx5444h
  • Website : jurnalika-News.com
  • Twitter : @jurnalika
  • Facebook : Jurnalika Bogor
  • YouTube : Jurnalistik Politeknik AKA

Tinggalkan Balasan