JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

TELUK PENYU, PANTAI TANPA PENYU ASLI

teluk penyu pic 1Jurnalikanews- Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah memang identik di telinga orang Indonesia  dengan yang namanya Pulau Nusakambangan.  Tapi jangan salah juga, Cilacap memiliki destinasi wisata yang menarik, yaitu Pantai Teluk Penyu yang merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, dimana terdapat Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap. Pantai Teluk Penyu memiliki pasir yang berwarna gelap dan juga terkenal dengan ombaknya yang cukup besar. Lokasi pantai ini sangat mudah dijangkau menggunakan kendaraan umum maupun pribadi dan berjarak sekitar 2 km dari pusat kota.
Awal mulanya dinamai dengan Teluk Penyu kerena menurut sejarah pantai ini dahulu adalah tempat tinggal dan berkembangbiaknya penyu-penyu. Namun, saat ini tidak banyak penyu bahkan tidak nampak seekor penyu di pantai ini. Alsannya, penyu tidak ada kemungkinan dikarenakan kota Cilacap yang semakin maju dan menjadi kawasan industri, seperti Pertamina dan Semen Holcim, maka penyu memilih untuk berimigrasi ke daerah seperti Lombok dan Bali.
teluk penyu pic 2Fasilitas yang ada tergolong  lengkap di kawasan wisata ini di diantaranya toilet, mushola, tempat parkir, mercusuar, gazebo dengan atap berbentuk meyerupai penyu, perahu penyeberangan ke Pulau Nusakambangan, trackdam, benteng pendem, kios jajanan dan cenderamata, serta masih banyak yang lainnya. Untuk masuk kawasan wisata Pantai Teluk Penyu dikenai biaya retribusi Rp 5.000,- per orang dan jika ingin menyeberang ke Pulau Nusakambangan akan dikenakan tarif biaya Rp 10.000,- di hari biasa dan Rp 20.000,- di hari libur dengan menggunakan perahu nelayan yang berderet di sepanjang pantai.
Dengan ombaknya yang cukup besar maka para pengunjung diharapkan hati-hati agar tidak terseret arus, hal ini disebabkan karena ada spot favorit yaitu jembatan panjang yang terbentang mendekati tengah pantai. Jembatan ini difavoritkan untuk memancing maupu berfoto, namun jembatan ini tidak memiliki pengaman seperti pegangan atau yang lainya. (fany)

Tinggalkan Balasan