JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Keindahan Wisata Alam Hutan Mangrove PIK

SC mangroveJurnalikanews- Jakarta, sebuah kota metropolitan yang identik dengan gedung-gedung tinggi, ternyata memiliki wisata alam yang indah lho! Yaa.. Hutan Mangrove PIK, berlokasi di Kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta, daerah Penjaringan, Jakarta Utara.
Hutan mangrove atau disebut juga dengan hutan bakau sangatlah penting untuk menjaga kawasan pantai agar tidak terjadi abrasi laut, juga untuk mencegah banjir di saat air laut mulai pasang. Begitupun dengan fungsi adanya hutan mangrove PIK yaitu untuk mencegah erosi pantai sekitar Jakarta.
Hutan Mangrove PIK Jakarta ini merupakan hutan yang dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta dimana terdapat Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta sebagai badan yang menjalankan tempat ini secara langsung. Kawasan ini memiliki luas sekitar 99 hektar, dimana 40 persen lahan yang ada dimanfaatkan untuk hutan mangrove.
pik

Sumber gambar : www.google.com

Wisata alam inilah yang menyuguhkan keasrian alam dengan spot-spot keren untuk para pengunjung berfoto, jadi jangan heran jika wisata ini kerap dijadikan tempat foto prewedding. Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 untuk WNI dan Rp 250.000 untuk WNA, menjadi salah satu alternatif untuk pengunjung bisa merasakan kesegaran alam bakau. Hutan mangrove PIK juga mengimbau kepada pengunjung agar tidak mengambil foto dengan kamera DSLR, jadi cukup menggunakan kamera handphone saja.
Semakin dikenalnya oleh banyak wisatawan, pengunjung pun semakin ramai berdatangan ke Hutan Mangrove PIK ini yang dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Wisata alam ini juga menyediakan wisata air, dengan mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 100.000 untuk perahu dayung dan Rp 300.000 jenis perahu mesin (cukup hingga 6 orang), pengunjung dapat mengelilingi hutan mangrove lebih dekat dengan naik perahu.