JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Museum Macan, Dialog Seni Modern dan Kontemporer

Museum Macan atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah museum pertama di Indonesia yang memberikan akses publik terhadap karya-karya seni modern dan kontemporer Indonesia maupun internasional. Museum Macan didirikan oleh Haryanto Adikoesoemo, seorang kolektor seni yang sudah mulai mengoleksi sejak tahun 1990 dan bercita-cita ingin berbagi kecintaannya terhadap seni dengan masyarakat Indonesia. Museum ini terletak di Wisma AKR, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan resmi dibuka untuk umum pada tanggal 4 November 2017 yang langsung ramai didatangi pengunjung.[wzslider]

Museum Macan tak hanya menampilkan karya dalam bentuk lukisan saja, namun juga dalam karya instalasi. Salah satu karya seni yang menjadi favorit di Museum ini adalah Infinity Mirrored Room karya Yayoi Kusama, seniman asal Jepang. Untuk masuk ke dalam Infinity Mirrored Room, pengunjung harus antre terlebih dahulu dan hanya boleh didalam ruangan selama 30-45 detik. Jika sedang ramai pengunjung, antrean bisa mencapai 45 menit. Meskipun begitu, Infinity Mirrored Room tetap menjadi ruangan yang diminati karena di ruangan tersebut dipenuhi bola warna warni yang seakan tidak berujung.

Museum Macan memiliki program berkelanjutan berupa pameran yang akan diganti secara berkala. Untuk pameran pembuka Museum Macan menampilkan pameran berjudul ‘Art Turns, World Turns’ atau ‘Seni Berubah, Dunia Berubah’. Dalam pameran ini  menampilkan 90 karya seniman Indonesia dan internasional, dimana pameran ini adalah sebuah dialog jangka panjang antara sejarah seni Indonesia dan sejarah seni global.

Hal yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Museum Macan adalah pengunjung dilarang untuk menyentuh karya seni dan membawa makanan dan minuman ke dalam museum demi menjaga koleksi atau karya seni agar tidak rusak. Tetapi, pengunjung diperbolehkan untuk memotret, asalkan tidak menggunakan flash. (ardn)

 

Sumber : nationalgeographic.co.id

Sumber gambar : akarpadinews.com; travel.idntimes.com; instagram