JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini

Beasiswa Alumni IKA-AKAB

 

ika akabJurnalikanews-Sudah merupakan sebuah fakta bahwa pendidikan bukanlah sesuatu yang murah, termasuk pendidikan di perguruan tinggi. Tak sedikit dari pelajar atau mahasiswa yang akhirnya harus berhenti melanjutkan jenjang pendidikan karena terkendala biaya. Namun, hal itu dapat teratasi salah satunya dengan pemberian beasiswa. Beasiswa sendiri adalah bantuan berupa dana yang diberikan kepada seseorang untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Di kampus Politeknik AKA  ini terdapat beberapa beasiswa yang ditawarkan seperti Beasiswa Kampus AKA, Beasiswa BNI, dan Beasiswa dari Ikatan Alumni AKA Bogor (IKA-AKAB)

Beasiswa IKA-AKAB , yaitu beasiswa yang diadakan oleh alumni IKA – AKAB yang bertujuan untuk membantu finansial mahasiswa Politeknik AKA Bogor berupa bantuan dana. program beasiswa alumni.

“Bukan hanya diadakan di tahun ini,  tapi sudah ada dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar Tita selaku Mentri Kesejahteraan Mahasiswa. Beasiswa ini  dirilis oleh alumni sendiri dan untuk seleksi calon penerima beasiswa dibantu oleh Kementrian Kesejahteraan Mahasiswa BEM IMAKA.

Rangkain dalam seleksi beasiswa diantaranya, pendaftaran, kemudian pengumpulan berkas, tahap selanjutnya wawancara dan pengumuman penerima beasiswa.

“Beasiswa alumni ini untuk tahun-tahun sebelumnya itu tidak di publish, karena sistemnya jika ada mahasiswa yang membutuhkan bantuan dalam finansial bisa langsung menghubungi KESMA dan baru di seleksi sesuai tahapannya, tetapi untuk tahun ini beasiswa Alumni di publish, agar memberitahu kepada mahasiswa bahwa di AKA ini ada almuni yang bisa membantu mahasiswa yang membutuhkan atau kurang dalam finansialnya, “ ujar Tita. Tita juga menambahkan, untuk program beasiswa ini siapa pun bisa ikut selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Alumni dan KESMA,  namun tetap memprioritaskan yang kurang finansialnya. Kuota penerimaan beasiswa alumni berbeda-beda ditiap tahunnya, tergantung keuangan alumni dan keadaan mahasiswanya.

ika akab 2

Harapannya dengan Beasiswa ini nggak ada lagi mahasiswa yang harus berhenti kuliah karena keterbatasan biaya juga supaya mereka tetap semangat menjalankan kuliahnya di Kampus AKA ini “ tutup Tita. (Geum/Iz)

Sumber foto : https://infokampus.news/wp-content/uploads/2017/03/Beasiswa.jpg