JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Tips & Trick

Tips menjaga kesehatan selama musim penghujan

images (1)-1
Jurnalikanews- Pertengahan tahun hingga selepas tahun baru, iklim di Indonesia cenderung terasa dingin. Hujan yang terus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim ini biasanya membuat tubuh kita rentan akan gangguan penyakit. Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar.
Ada beragam penyakit yang rentan menyerang tubuh saat msim penghujan, diantaranya batuk, flu, pilek, masuk angina, hingga demam berdarah. Dan, apabila penyakit tersebut menjangkit kita tentunya tubuh akan menjadi tidak fit, akibatnya aktifitas sehari hari akan terganggu. Lalu bagaimana cara agar tetap menjaga kondisi tubuh selama musim penghujan?.
Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan selama musim penghujan :

  1. Konsumsi vitamin

Pergantian musim dari kemarau menuju musim penghujan dapat mempengaruhi sistem imunitas atau kekebalan tubuh kita. Ketika sistem imun kita melemah, penyakit akan semakin rentan menyerang tubuh. Mengkonsumsi vitamin menjadi sangat penting untuk menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Utamanya adalah mengkonsumsi vitamin C, karena vitamin C memiliki kandungan yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Cara yang mudah untuk mendapatkan asupan vitamin C adalah menkonsumsi buah buahan seperti jeruk, strawberry, jambu biji, apel, pepaya dan kiwi.

  1. Menjaga asupan makanan

Tetap jaga asupan makan sehat anda, terutama saat musim penghujan. Ada baiknya perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya, konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam, dan makanan berkuah sehat lainnya.

  1. Memperhatikan pola tidur

Udara dingin saat musim penghujan mengundang rasa kantuk yang melulu. Namun, jangan pernah menghiraukan rasa kantuk ini. Ambilah waktu istirahat dan tidurlah secukupnya, namun jangan pula tidur dengan waktu atau porsi yang berlebih. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih akan membuat tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang atau terjaga hingga larut malam. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, pastikan jika anda memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari.

  1. Selalu membawa perlengkapan untuk hujan

Hal yang juga sangat penting agar tidak sakit selama musim hujan adalah memakai perlengkapan hujan. Beberapa komponen utama dari perlengkapan hujan seperti payung, mantel hujan atau jaket bertudung, dan sepatu waterproof. Mungkin Anda berpikir agak ribet untuk dibawa-bawa, tetapi dibalik ‘keribetannya’, sangat berguna untuk menjaga tubuh terkena efek udara dingin karena musim hujan. (Nabila F)
 
Sumber : Durensawit.com/musim-hujan-segera-tiba-bagaimana-persiapan-anda
 
 

Tinggalkan Balasan