JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Berita Berita Internal Recent Update

Pameran Penilitian di Ekskim Expo 2017

WhatsApp Image 2017-10-03 at 23.51.45

         Jurnalikanews– Senin (2/10), Komunitas Eksperimen Kimia (Ekskim) Politeknik AKA Bogor menyelenggarakan kegiatan bertajuk pameran penelitian, yaitu EKSKIM EKSPO 2017. Pada tahun 2017 ini merupakan penyelenggaraan EKSKIM EKSPO yang kedua. Acara ini berlangsung sejak pukul 09.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB, di gedung perkuliahan (Gedung C),  tepatnya di lobby kampus Politeknik AKA Bogor. Acara ini berbentuk pameran penelitian produk-produk yang dihasilkan oleh komunitas eksperimen kimia.

        Tujuan diadakannya EKSKIM EKSPO yaitu untuk menampilkan apa saja kegiatan yang ada pada komunitas Ekskim kepada warga IMAKA. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini juga bertujuan untuk open recruitment komunitas Ekskim yang sasaran utamanya adalah mahasiswa tingkat I.

WhatsApp Image 2017-10-03 at 23.51.45 (1)        Pameran penelitian ini terbagi menjadi 4 bidang, yaitu pangan, energi, lingkungan, dan teknologi. Dari tiap bidang masing-masing terdapat produk unggulan yang dihadirkan oleh komunitas Ekskim. Pada bidang pangan terdapat nugget ampas tahu dengan produk terbarunya yaitu permen kulit melon dan susu kental manis.  Bidang energi terdapat bioethanol dari buah bintaro dan briket. Kemudian, dari bidang lingkungan terdapat sabun mandi, sabun serbaguna, dan biopestisida dari daun bintaro. Produk pada bidang teknologi terdapat alat destilasi sederhana dan pembangkit listrik dari belimbing wuluh.  Selain pameran produk, dalam EKSKIM EKSPO ini juga terdapat penampilan video yang berisi kegiatan-kegiatan komunitas Ekskim.

WhatsApp Image 2017-10-03 at 23.53.26  “Harapannya dari acara ini, mahasiswa lebih bisa mengetahui tentang ekskim. In syaa Allah juga kalau memungkinkan tahun depan akan dilaksanakan lagi.” ujar Hellaudo (2D), selaku ketua pelaksana EKSIM EKSPO 2017.

      Dalam acara ini terlihat antusiasme dari mahasiswa dan civitas akademika yang mendatangi stand setiap bidang yang terdapat di EKSKIM EKSPO 2017.  “EKSKIM EKSPO nya seru, bisa lihat macam-macam produk penelitian dan menarik juga karena ilmu terapan kimianya dapat diaplikasikan” ungkap Ikhsan (1B), salah satu mahasiswa Politeknik AKA Bogor. (IL/Geum)