JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

AKA Hari Ini Recent Update

Mengapa Perpustakaan AKA Hanya Beroperasi sampai Pukul 16.00?

Jurnalikanews – Perpustakaan merupakan fasilitas kampus yang sangat penting bagi mahasiswa. Bagaimana tidak, hamper semua buku referensi tersedia di perpustakaan.1

Sources : Google.com

Politeknik AKA Bogor sendiri tentu memiliki perpustakaan dengan koleksi buku kimia yang terbilang lengkap. Tetapi, mahasiswa AKA tidak bisa mengakses perpustakaan setiap saat. Hal ini dikarenakan perpustakaan hanya dibuka hari Senin sampai Jumat dari pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Di universitas atau kampus lain, biasanya perpustakaan beroperasi sampai malam hari. Seperti di Universitas Indonesia yang memang beroperasi hingga malam hari. Nah, kenapa sih di AKA ini hanya sampai pukul 16.00?

Alasan mengapa hanya dibuka sampai pukul 16.00 WIB diungkapkan oleh Kepala Unit Perpustakaan AKA Bogor. “Jam operasional perpustakaan AKA ini memang mengacu pada jam kerja PNS. Karena kalau sore pun mahasiswa yang datang hanya sedikit,” ungkap Ibu Euis Kusumawati.

“Bisa sebenarnya kalau mau buka sampai jam 18.00 WIB, tapi ya harus ada tambahan biaya dari akademik. Karena kan itu memang sudah di luar jam kerja, jadi harus dihargai,” tambah Ibu Euis.2

Sources : Google.com

Sebenarnya dulu perpustakaan AKA pernah dibuka dari Senin sampai Sabtu pada tahun sekitar 2004. Dibukanya perpustakaan hari sabtu berlangsung selama 1 tahun. Tetapi akhirnya dihentikan karena peminat yang kurang.

Saat ini perpustakaan AKA sedang dalam tahap perubahan ke arah digital. Semoga dengan adanya perubahan kearah yang lebih baik, pengunjung di perpustakaan akan semakin bertambah. (tix/dr)

(30/6/17)