JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Gaya Hidup Masa Kini

lifestyle
Jurnalikanews – Zaman modern seperti sekarang ini, gaya hidup masyarat Indonesia sekarang berkiblat ke masyarakat barat dan Eropa. Budaya masyarakat Indonesia yang terkenal dengan budaya timurnya dan keramah-tamahan semakin tergerus oleh zaman dan arus glonalisasi. Gaya hidup modern cendrung hedonisme, westernisasi, konsumtif, dan individualis.

fashionPada bidang kesehatan dikenal dengan istilah behavioral medicine. Behavioral medicine merupakan ilmu yang mempelajari berbagai gangguan kesehatan fisik yang disebabkan oleh kebiasaan dan perilaku, umumnya yang salah, dari banyak orang ketika melakukan pemenuhan kebutuhannya. Dalam behavioral medicine terdapat 4 bidang kehidupan, yaitu food, fashion, fun,dan fund.

Food, banyak masyarakat Indonesia saat ini yang lebih memilih memakan junkfood. Mereka menganggap makan di tempat tersebut lebih nyaman, bergengsi, dan higienis serta tempat yang disediakan juga nyaman dengan ruangan ber-AC. Tanpa disadari, tebusan kenyamanan dan gengsi itu adalah kesehatan diri sendiri. Makanan yang terlihat bersih belum cukup untuk menilai kalau makanan tersebut baik untuk kesehatan. Menurut buku Total Body Management, tubuh manusia dapat bertahan sampai 125 tahun, tetapi jarang sekali yang berusia lebih dari 100 tahun, karena permasalahannya bukan pada tubuh manusia, tapi perilaku makan manusia itu sendiri.

Fashion, seiring perkembangan zaman, penilaian tubuh yang sempurna untuk wanita yaitu semakin kurus maka semakin bagus. Pada zamannya dahulu, Monalisa itu dianggap seksi. Pada saat sekarang,  pakaian yang paling banyak dipakai terlihat jauh dari sopan santun dan tertutup yang menjadi pakaian orang Timur. Pakaian yang bagus menurut penilaian mereka yang fashionable yaitu yang menonjolkan bagian tubuhnya dan ‘terlihat kekurangan bahan’. Bagi wanita zaman sekarang penilaian tubuh sangat penting sekali, karena mereka di pengaruhi punya persepsi seperti itu oleh media massa. Zaman sekarang menjadi cantik bisa melaui operasi, sehingga defenisi menjadi cantik itu menyakitkan.

Fun, di masa lalu, anak-anak senang bermain gatrik, petak umpet, dan lain sebagainya. Tetapi saat ini kebanyakan anak kecil dimanjakan oleh barang-barang elektronik semisal PS, NINTENDO, dll, yang membuat mereka lebih fun daripada bermain di luar rumah. Saat sekarang ini orang-orang lebih cendrung menghabiskan waktu dengan kesenangan melaui gadget mereka daripada bersosialisasi dengan orang lain. Mereka menganggap dunia maya dan dunia games lebih baik dari pada dunia nyata, sehingga mereka mau menghabiskan waktu berjam-jam hingga berhari-hari dari pada menikmati hidup di dunia nyata.

Fund, semua dapat dibeli dengan uang yaitu instansi negara, hukum, pendidikan, karir,dll. Artinya semakin banyak uang yang dimiliki seseorang, semakin lancarlah semua urusannya, sedangkan warga yang tidak mampu memenuhi kehidupannya dengan cara mencuri hasil panen sedikitpun, dipenjara. Jadi, seringkali hukum hanya berlaku untuk yang tidak mempunyai uang dan hukum seperti mata pisau yang tajam kebawah dan tumpul keatas.Manusia modern lebih cendrung ingin memiliki kehidupan yang sempurna,dan demi mendapatkannya mereka menghalalkan segala cara.Jabatan dan uanglah yang berkuasa atas segalanya.

(30/5/17)