JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Gaya Hidup Inspirasi Recent Update Saduran

Insecure Dampak dari Gejala Sosial Khususnya di Kalangan Remaja

Jurnalikanews – Gejala sosial adalah suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku masing-masing individu yang berada dalam suatu lingkungan masyarakat. Gejala sosial timbul dari aktivitas masyarakat yang saling terkait, gejala sosial bersifat tidak universal karena perbedaan budaya dan kebiasaan dalam suatu daerah akan menimbulkan perbedaan gejala sosial yang berbeda. Gejala sosial dalam masyarakat ini dapat diartikan juga sebagai fenomena sosial yang berawal dari adanya perubahan sosial. Gejala sosial disebabkan oleh dua faktor, diantaranya adalah faktor struktural dan faktor kultural. Faktor kultural berkaitan dengan nilai-nilai yang berkembang dalam suatu masyarakat, sedangkan faktor struktural adalah suatu keadaan yang memengaruhi struktur.

Kesenjangan sosial dan lingkungan sosial dalam suatu masyarakat menyebabkan rasa cemas, tidak mampu, dan kurang percaya diri yang membuat seseorang merasa tidak aman dan kurang percaya diri. Insecure mengakibatkan merasa cemburu, selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya yang timbul akibat pengalaman buruk, cara pandang yang salah, atau sifat perfeksionis.

Di kalangan remaja, insecure kerap menjadi masalah dalam dirinya, faktor media sosial dan lingkungannya menjadikan dirinya merasa tidak percaya diri. Yang mengakibatkan seseorang mengalami kegagalan atau penolakan, mendapatkan penilaian kurang baik dari orang lain, dan menginginkan segala sesuatu berjalan dengan sempurna. Rasa insecure merupakan hal normal yang bisa terjadi, tetapi jika berlebihan dapat mengakibatkan dampak negatif, di antaranya adalah gangguan mental. Walaupun insecure sulit dihilangkan, tetapi ada cara untuk mengantisipasi rasa insecure diantaranya adalah tepis pikiran negatif, terima hasil dari apa yang terjadi, memotivasi diri, dan bangun rasa percaya diri. (MRM)

Referensi :

https://www.alodokter.com/insecure

https://kumparan.com/berita-update/apa-itu-gejala-sosial-simak-pengertian-dan-contohnya-di-sini-1vJa1WNKJXK/full

Tinggalkan Balasan