JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Inspirasi Recent Update Saduran Tips & Trick

Mudah Banget! Yuk Asah Kreativitasmu dengan 3 Ide DIY untuk Dekorasi Hiasan Rumah

Jurnalikanews – Dekorasi hiasan rumah merupakan sesuatu hal kecil yang sering diperhatikan ketika tamu datang dan hal tersebut juga menjadi ciri dari pemilik rumah. Pada dekorasi hiasan rumah tersebut, kalian dapat membuatnya juga dengan hasil karya sendiri menggunakan bahanyang tersedia di rumah ataupun bahan mudah didapatkan. DIY (do it yourself ) merupakan istilah familiar dari membuat kerajinan tangan, hal ini salah satu hobi yang tidak hanya memberikan kesenangan saat proses pembuatannya, namun akan ada munculnya rasa bangga terhadap diri sendiri apabila melihat sendiri hasilnya seperti apa, apalagi kalau Anda sukses membuatnya dan barang yang dibuat bisa menjadi barang yang berguna serta bermanfaat. Proses pembuatan DIY untuk hiasan rumah sebenarnya mudah sekali, Anda tidak harus menggunakan barang baru dan dapat memanfaatkan barang lama atau bekas yang sudah tak terpakai. Berikut, 3 ide DIY untuk dekorasi hiasan rumah yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

1. Memanfaatkan kardus bekas untuk boks berkas ( box file )

Sumber : Pinterest.com

Setiap bulan pasti ada saja berkas baru muncul di ruang kerja atau ruang belajar bagi anak di masa sekolah dan pasti sebal apabila meja penuh dengan berkas yang berantakan? Anda tidak perlu merasa sebal ataupun bingung, sudah tahun 2021 loh yuk, Anda bisa membuat boks berkas ( box file ) sendiri dengan bahan dasar kardus bekas agar meja di ruangan terlihat lebih rapi. Caranya mudah, yaitu beberapa barang dan peralatan yang perlu disiapkan yaitu kardus bekas, lem, gunting dan cat untuk menghias dan juga kertas kado. Nah, setelah menyiapkan barang, langkah pertama mulailah dengan memotong setengah bagian dari kardus yang sudah disiapkan. Kemudian taruh pemberat dibawah kardus agar kardus ini kuat menampung dokumen atau berkas bahkan buku milik Anda dan tidak lupa untuk memberi hiasan pada boks berkas ( box file ) dari kertas kado dan juga agar terlihat lebih kekinian serta bisa dengan di cat sesuai warna yang cocok dengan ruangan atau warna favorit Anda bisa juga dengan menggambar corak – corak sesuai gaya masa kini.

2. Memanfaatkan stik es krim untuk penghias saklar

Sumber : Pinterest.com

Saklar merupakan salah satu benda yang selalu luput dari perhatian bisa jadi karena bentuknya yang kecil dan tidak pernah berubah. Nah, agar tidak membosankan bagaimana kalau Anda coba untuk membuatnya terlihat unik dengan kreativitas? Bahannya sederhana sekali, hanya dengan stik es krim atau tambahan kain perca. Cara pembuatannya yaitu, pertama-tama bentuk stik es krim menjadi seperti bentuk rumah atau menjadi bidang yang memiliki lima sisi. Kemudian, sambungkan tiap sisi dengan menggunakan lem kayu agar merekat dengan maksimal dan buatlah bentuk rumah tersebut sebanyak 4 buah lalu tumpuk sejajar serta selanjutnya tempelkan pada saklar lampu di rumah. Saklar akan terlihat seperti memiliki rumah. Unik dan mudah sekali bukan? Yuk Anda coba!

3. Memanfaatkan toples menjadi hiasan rumah yang fungsional

Sumber : Pinterest.com

Hiasan dari toples ini bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi seperti menata barang dan menyimpan peralatan tulis agar tidak berserakan, tempat alat makan seperti sendok, garpu dan pisau, peralatan make up dan juga peralatan melukis seperti berbagai macam ukuran kuas.

Nah, cara pertama bisa dengan membolongi tutup toples dan sisakan sedikit bagian untuk menutup toples kembali. Warnai toples dengan menggunakan cat akrilik sesuai dengan warna kesukaan Anda atau selera Anda. Anda juga bisa menghias toples dengan menempelkan ornament kecil pada sekitar toples dan toples pun siap menjadi hiasan rumah yang akan mempercantik meja dan juga bisa membuat meja Anda selalu tampak rapi dan barang-barang yang tertata.

Anda dapat berkreasi dengan bermodalkan kreativitas dan rasa semangat, pasti bisa membuat hiasan hasil kerajinan tangan sendiri di rumah. Nah tadi ialah DIY hiasan yang mudah banget untuk diikuti. Yuk, coba bikin sendiri deh! (CLP)

Referensi :

www.voireproject.com

Tinggalkan Balasan