JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update Saduran Tips & Trick

Membuat Kertas dari Kertas Daur Ulang

Jurnalikanews – Semakin bertambahnya umur bumi membuat semakin banyaknya juga populasi yang hidup di bumi. Banyaknya populasi juga bisa memicu bertambahnya kebutuhan setiap makhluk hidup. Di mana hal tersebut bisa menyebabkan banyaknya limbah / sampah yang diproduksi setiap harinya oleh manusia. Limbah tersebut terdiri dari berbagai macam, misalnya plastik, kertas, cairan kimia, dan lain–lain.

Sebagai penghuni bumi, sudah seharusnya kita tetap menjaga tempat tinggal kita untuk tetap baik–baik saja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan sesuatu yang sederhana seperti memisahkan sampah organik dan anorganik. Bahkan kita juga bisa menggunakan plastik bekas berbelanja untuk dipakai berbelanja kembali agar mengurangi sampah plastik. Selain itu, kita bisa menggunakan kertas kembali yang sudah pernah kita gunakan. Bagaimana caranya? Apabila kertas sudah pernah digunakan, berarti sudah terkena tinta pena. Apa masih bisa digunakan kembali? Tentu saja bisa! Yuk ikuti cara – cara berikut untuk mendaur ulang kertas yang sudah pernah digunakan.

  1. Kumpulkan kertas–kertas bekas yang ada di sekitarmu. Pengumpulan kertas bekas ini harus dilakukan dengan sangat hati–hati. Kenapa? Karena kamu harus memastikan kalau kertas yang akan kamu daur ulang itu bukanlah berkas penting. Namun, kertas yang memang benar–benar sudah tidak akan digunakan lagi seperti berisi coretan–coretan atau kertas salah cetak.
  2. Sobeklah kertas–kertas yang sudah dikumpulkan.  Sobek potongan kertas menjadi bagian-bagian kecil, semakin halus, semakin baik. Jika potongan kertas berukuran relatif besar maka hasil akhirnya akan cenderung tebal dan tidak rapi.
  3. Rendamlah kertas yang sudah disobek–sobek tersebut ke dalam air. Masukkan potongan-potongan kertas yang telah dihancurkan ke dalam sebuah mangkuk atau panci, dan isilah wadah tersebut dengan air panas. Aduk campuran tersebut untuk memastikan bahwa seluruh bagian kertas telah terendam. Diamkan kertas selama beberapa jam agar matang, sesekali lakukan pengadukan.
  4. Haluskan campuran kertas yang telah lembek menggunakan blender. Isi blender dengan air hingga setengah penuh. Nyalakan blender dalam putaran cepat untuk menghancurkan kertas menjadi bubur. Ketika siap digunakan, kertas tersebut akan memiliki tekstur seperti bubur gandum (oat) yang dimasak.
  5. Siapkan kasa (kawat halus yang dianyam). Kamu akan menggunakan alat tersebut untuk menyaring bubur kertas basah, menyaring air dari gumpalan kertas. Saat mengering pada permukaan kasa, bubur kertas secara berangsur-angsur akan mengental menjadi kertas daur ulang.
  6. Letakkan bubur kertas yang sudah di blender pada kasa tersebut
  7. Letakkan kasa di atas handuk untuk mengeringkannya. Pastikan bahwa bagian kasa yang mengandung kertas menghadap ke atas dan jauh dari permukaan handuk. Bubur kertas masih akan memerlukan waktu untuk mengering minimal sekitar satu jam lagi. Biarkan bubur kertas mengering, dan jangan menyentuhnya.
  8. Setelah satu jam, bentangkan seprai atau kain tipis di atas bubur kertas yang ada dalam kasa.
  9. Selanjutnya, tekan permukaan seprai/kain dengan kuat menggunakan spons kering untuk membuang seluruh kelebihan air dari bubur kertas. Tujuan akhirnya adalah memindahkan kertas dari kasa ke permukaan seprai/kain tersebut. Seprai/kain yang digunakan harus rata, bersih, kering, dan tidak berkerut, sehingga merupakan cetakan yang tepat untuk kertas yang kamu buat.
  10. Angkat kasa dan balikkan posisinya. Kertas yang ada di dalamnya harus terlepas dan jatuh di atas seprai/kain. Letakkan seprai/kain berisi kertas tersebut pada permukaan yang rata untuk proses pengeringan selama satu malam atau minimal beberapa jam. Letakkan di tempat yang kering dan hangat. Usahakan untuk tidak mengeringkan kertas langsung di bawah panas, atau terlalu dekat dengan sumber panas. Cara tersebut mungkin akan menyebabkan kertas berkerut dan kering secara tidak merata.
  11. Lepaskan kertas dari permukaan seprai/kain. Ketika bubur kertas kering, lepaskan dari permukaan kain dengan hati-hati. Nah, sekarang kamu memiliki selembar kertas kering yang dipres dengan kuat yang fungsional! (DV)

Referensi :

https://id.wikihow.com/Membuat-Kertas-Daur-Ulang

Tinggalkan Balasan