JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

bersepeda new normal
Artikel Recent Update

Bersepeda menjadi salah satu olahraga favorit di era new normal

sepeda

Sumber Gambar : Kompas.com

Jurnalikanews- Ternyata seiring berjalannya era new normal di Indonesia , banyak sekali  perubahan gaya hidup masyarakat di Indonesia  seperti  dalam hal berolahraga . Sebelum era new normal aktivitas masyarakat  di indonesia telah dibatasi oleh pemerintah karena berpotensi sebagai tempat  cluster baru virus corona sehingga aktivitas olahraga pada saat itu hanya dilakukan di rumah saja.

Tetapi akhir-akhir ini olahraga bersepeda dijadikan salah satu olahraga favorit di era new normal.  bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung serta dapat meningkat system kekebalan tubuh ( system imun ). Selain dari aspek kesehatan ternyata bersepeda di jadikan sebagai salah satu alat untuk pelepas kebosan atau stress karena tiga bulan lebih kita harus berdiam diri dirumah saja . Melalui olahraga bersepeda kita dapat menikmat pemandangan alam yang masih asri seperti melihat  hijaunya perpohonan serta kita dapat menghirup  udara segar pada saat kita bersepeda . Hal inilah yang membuat bersepeda  dapat menghilangkan stress atau penat karena bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan.

Dikutip dari halodoc ternyata olahraga bersepeda  ini dapat  membakar kalori hingga 1000 kalori per jam. Satu jam bersepeda pada intensitas maksimum akan membantu seorang wanita dengan berat badan 72 kilogram membakar sekitar 850 kalori dan jumlahnya bahkan lebih tinggi untuk pria, yaitu sekitar 950 kalori..

Meskipun olahraga bersepeda ini menyehatkan, kita harus tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan di era now normal untuk meminimalisir penularan virus corona karena vaksin dari virus ini masih dalam tahap uji klinik sebelum diedarkan kemasyarakat. Jadi  jangan sampai niat untuk sehat malah mengundang penyakit, tetaplah jangan jarak dan ikuti protokol kesehatan saat kita keluar rumah.  ( MIP )

 Referensi :

Halodoc. diakses pada tanggal 12 Juli 2020. 6 olahraga yang paling banyak membakar kalori 

Kompas. Diakses pada tanggal 12 Juli 2020.