JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Recent Update

Rangkaian Skincare Untuk Pemula

Sumber: idntimes.com

Jurnalikanews-Merawat kulit wajah merupakan hal yang harus dilakukan untuk menjaga penampilan. Bagi pemula, hal tersebut akan menjadi hal yang membingungkan. Pertama, kita harus mengenali terlebih dahulu jenis kulit kita. Apakah kering, berminyak, normal, kombinasi, atau sensitif. Dengan mengetahui jenis kulit kita, maka kita akan mengetahui pula produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit kita. Berikut ini merupakan produk skincare yang wajib dimiliki oleh pemula.

  • Cleanser

Penggunaan cleanser sangatlah penting, terutama ketika kita beraktivitas diluar seharian. Cleanser berguna untuk mengangkat kotoran debu, sel kulit mati, serta makeup yang kita pakai. Cleanser menjadi bagian terpenting dari skincare karena jika kulit kita tidak bersih, maka semua produk skincare yang kita gunakan tidak akan berfungsi baik untuk kulit. Ada banyak jenis cleanser yang dapat kita pilih, seperti oil, foam, milk, water, hingga cream, tergantung dengan kebutuhan dan preferensi kulit.

  • Eksfoliator

Penumpukan sel kulit mati pada wajah dapat membuat wajah menjadi kusam, karena itu kita harus melakukan eksfoliasi. Selain itu eksfoliasi dapat mencegah terbentuknya komedo. Ada dua jenis eksfoliator yang dapat kita pilih, yaitu chemical dan physical. Physical eksfoliator adalah metode eksfoliasi secara manual. Jika memilih metode ini, pastikan untuk memilih eksfoliator yang butirannya halus. Chemical eksfoliator adalah metode dengan menggunakan AHA atau BHA. Metode ini sangat disarankan untuk kulit wajah sensitif.

  • Serum

Serum merupakan produk skincare untuk menutrisi dan melindunginya secara dalam. Sebelum memilih serum, sebaiknya kita harus mengetahui kebutuhan kulit wajah. Jika kulit membutuhkan hidrasi, maka pilih serum dengan hyaluronic acid sebagai kandungan utamanya.  Untuk kulit berjerawat, gunakan serum dengan kandungan retinoll dan untuk mengatasi kemerahan pada wajah, gunakan serum dengan kandungan niacinamide.

  • Moisturizer

Pelembab dapat memenuhi kebutuhan hidrasi kulit. Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, bahkan kulit berminyak sekalipun. Namun jika kulit berminyak, sebaiknya menggunakan pelembab dengan tekstur gel agar cepat menyerap. Sedangkan jika kulit kering, pilihlah pelembab dengan tekstur oil atau balm.

  • Sunscreen

Sunscreen sebaiknya digunakan setiap saat, bahkan saat kita berada di rumah sekalipun. Sunscreen dapat mencegah timbulnya kerutan dan melindungi kulit dari sinar UV yang dapat mengakibatkan kanker. Gunakanlah sunscreen dengan tekstur gel yang ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit untuk pemakaian sehari-hari. (NAM)

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.