JURNALIKA

Jurnalistik Politeknik AKA Bogor

Artikel Hiburan

5 Curug yang Tercantik dan Eksotis di Bogor

Jurnalikanews- Liburan kuliah sebentar lagi berakhir jangan sampai kalian ngegabut di rumah atau kosan, keindahan alam disinilah yang akan membuat kalian tersenyum. Curug alias air terjun adalah salah satu jenis objek wisata yang akan banyak kamu temukan di Bogor. Ada belasan air terjun yang ada di Bogor. Itu belum termasuk yang masih invisible dan keberadaannya belum diketahui oleh orang Beberapa air terjun yang ada di Bogor sudah dikelola sedemikan rupa untuk menjadi sebuah tempat wisata mainstream dan komersial. Beberapa masih benar-benar alami dan hanya dikunjungi oleh mereka yang memiliki minat khusus. Biasanya adalah pecinta alam atau mereka yang benar-benar menyukai tempat anti mainstream, ada 5 rekomendasi curug tercantik dari kita :
 
1.Curug Bidadari
 

curug bidadari
www.siputnews.com

Sesuai namanya, curug yang terletak di Sentul paradise park ini memang cantik bak bidadari. Bisa dikatakan Curug Bidadari adalah curug yang paling indah di Bogor dengan fasilitas yang lengkap. Hal ini juga tak lepas dari pengelolaanya yang lebih profesional. Jika anda dari Jakarta, mungkin curug inilah yang jaraknya paling dekat. Disini anda bisa berjemur seperti layaknya dipantai karena tepat dibawah curug terdapat sebuah kolam besar dengan dikelilingi pasir putih. Di sekitar kolam ini juga terdapat payung besar untuk sekedar berteduh. Menariknya air yang mengalir di curug ini masih asri karena mengalir dari sumber mata air di pegunungan. Fasilitas pendukung lain seperti kamar mandi, parkir yang luas juga tersedia.
 

  1. Curug Seribu

 
Curug ini berlokasi di kawasan Gunung Bunder Bogor. Dinamakan curug seribu karena saat anda dalam perjalanan menuju curug seribu akan menemukan banyak air terjun dengan ukuran mini. Curug ini kurang lebih memiliki ketinggian 100 meter dengan air yang cukup deras meski debitnya tak begitu besar. Alam disekitar curug seribu masih begitu asri dan terkadang anda akan menemukan monyek liar disini.
 

  1. Curug Nangka

Curug Nangka menjadi salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi di Bogor. Masih berada di kawasan gunung salak tepatnya berada di Desa Warung Loa, Tamansari, Bogor, air terjun yang satu ini cukup akrab diteling para traveller. Berada di ketinggian 750 mdpl, membuat udara disini begitu sejuk dengan pemandangan yang cantik. Tempat terbaik untuk menikmati keindahan curug nangka adalah di sebuah batu besar yang ada kolamnya.
 

  1. Curug Luhur

curug-luhur-bogor-300x223

www.curugluhurpicture.com

Di kawasan Gunung Salak ada sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter bernama Curug Luhur. Yang menarik curug ini memiliki dua buah air terjun yang sejajar. Menurut warga setempat dulu hanya memiliki air terjun saja namun masyarakat setempat membuat cabang sungai baru sehingga air yang mengalir dari atas tebing ini menjadi dua. Secara administratif Curug Luhur berada di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor. Debit airnya lumayan deras dan air yang mengalir di curug ini menjadi sumber air bagi warga setempat.
 
5.Curug Cilember
Kalau curug luhur memiliki dua air terjun maka curug ini memiliki 7 air terjun yang bertingkat. Yang paling bawah adalah curug ke 7 dan paling atas adalah curug ke 1. Lokasi curug cilember iin di desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor atau sekitar 20 Km jika anda dari Kota Bogor. Sesampainya dilokasi anda harus menulusuri jalan setapak dengan pohon-pohon disekitarnya. Teruslah berjalan maka anda akan menemukan kios pedangan dan taman kupu-kupu yang merupakan bagian dari obyek wisata curug cilember. Setelah itu anda akan sampai di curug ke 7 dan curug inilah yang paling ramai di kunjungi. Konon dengan berendam disini bisa menyembuhkan penyakit, obat awet muda serta mempercepat jodoh. harus berhati-hati mengingat jalanya yang cukup sulit dan licin (RK).

Tinggalkan Balasan